Implementasi model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII SMA Negeri 10 Banjarmasin tahun pelajaran 2015/2016 pada materi barisan dan deret

  • Syamsir Kamal SMA Negeri 10 Banjarmasin
Keywords: Implementasi Model TPS, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar

Abstract

Berdasarkan pengalaman mengajar dan hasil pengamatan kegiatan belajar matematika yang selama ini berlangsung di SMAN 10 Banjarmasin , ditemui pada saat pembelajaran berlangsung aktivitas siswa dalam kelas hanya datang, duduk, diam dan dengar saja. Selama pembelajaran siswa jarang bertanya kepada guru dan pada saat guru bertanya hanya beberapa siswa saja yang mau menjawab, mereka cenderung diam dan menundukan kepala. Kondisi pembelajaran seperti ini menyebabkan pencapaian hasil belajar siswa selama ini masih rendah khususnya pada materi Barisan dan Deret. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengakomodir masalah tersebut adalah model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa, pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada bulan Januari – Februari 2016 dengan subjek siswa kelas XII IPA 1 yang berjumlah 32 siswa. Data yang dikumpulkan  meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui penilaian tes pada akhir tindakan (Siklus I dan II) sedangkan data kualitatif diperoleh dari observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan catatan lapangan. Setelah diterapkannya model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS), aktivitas siswa dalam belajar meningkat, siswa berani bertanya, mengemukakan pendapat, mengemukakan ide dan gagasan serta dapat meningkatkan kemampuan siswa yang berkemampuan rendah. Begitupun dengan persentase aktivitas belajar siswa mengalami kenaikan. Hasil belajar siswa kelas XII IPA.1 SMA Negeri 10 Banjarmasin  meningkat setelah dilakukan pembelajaran menggunakan Think-Pair-Share (TPS). Pada akhir tindakan I hanya terdapat 16 siswa yang tuntas belajar dengan persentase 50%. Hasil akhir tindakan II terdapat 26 siswa yang tuntas belajar dengan persentase 81,25%. Jadi terjadi kenaikan persentase jumlah siswa yang tuntas belajar yaitu sebesar 31,25% jika dibandingkan dengan tes akhir tindakan I. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII IPA  pada materi Barisan dan Deret.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, R.I. 2012. Learning to Teach (ninth edition). New York: McGraw-Hills.

Arikunto, Suharsimi, 2009. Dasar-dasar Evaluasi pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara

Confrey, Jere dan Kazak, sibel. 2006. A thirty-Year reflection On Constructivism In Mathematics educatioan In PME. (Online), (http://imo.pau.edu.tr/sibel/- confreykazak_constructivism.pdf), diakses tanggal 8 Mei 2015.

Depdiknas . 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar Offset.

Hudojo, H. 2005. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Malang : Magelang Sebelas Malang

Kitaoka, H. 2013. Teaching Methods that help Economics Students to be Effective Problem Solvers. International Journal of Arts and Commerc. Vol 2. No.1 January 2013. p 101-110.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Orton, A. 1992. Learning Mathematics: Issues, Theory and Practice. Great Britain: Redwood Books.

Pribadi, A.B. 2009 Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : PT Dian Ilmu.

Raymon. C, J. 2012. Strategies for reading comprehension : Think Pair Share. Cooperative Learning Community. (Frank Lyman). reading Quest. Org. ( Online), (http://www.readingquest.org/strat/tps.html), diakses tanggal 14 November 2015.

Sardiman, AM. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning : Teori, Riset dan Praktek (Diterjemahkan oleh Nurulita). Bandung: Nusa Media.

Subanji. 2013. Pembelajaran Matematika Kreatif dan Inovatif. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Tim MKPBM Jurusan Pendidikan Matematika UPI. 2001. Common Text Book Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporere. Bandung: JICA – Universitas Pendidikan Indonesia

Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Uno, H. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Widyantini, T. 2006. Model Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kooperatif. Yogyakarta : PPPG Matematika.

Winaputra, U.S. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Universitas Terbuka.Coxford, A.F. 1995. “The Cace for Connections”, dalam P.A. House (1995), Connecting Mathematics across the Curriculum. Yearbook. Virginia : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Published
2016-04-30
How to Cite
Kamal, S. (2016). Implementasi model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII SMA Negeri 10 Banjarmasin tahun pelajaran 2015/2016 pada materi barisan dan deret. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-11. https://doi.org/10.33654/math.v2i1.22
Section
Research
Abstract viewed = 801 times
PDF downloaded = 874 times