Pengaruh model pembelajaran problem-based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi persamaan linier satu variabel
The influence of problem-based learning model on students' ability toward understanding mathematics concepts in the material of linear equations one variable
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran problem-based learning pada materi mata pelajaran matematika bab persamaan linier satu variabel terhadap kemampuan pemahaman konsep. Penelitian ini berjenis penelitian eksperimen semu (kuasi eksperimen). Pelaksanaan penelitian di Sekolah Menengah Pertama Swasta (SMPS) IT Darul Fikri Bengkulu Utara yang terletak di Jl Mayor Salim Batubara Desa Karang Anyar 1 Arga Makmur Bengkulu Utara, dengan subjek dalam penelitian ialah siswa Sekolah Menengah Pertama Swasta (SMPS) IT Darul Fikri Bengkulu Utara kelas VII yang berjumlah 44 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan instrumen tes. Dan untuk Teknik analisis datanya dengan menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas serta uji homogenitas. Berdasarkan hipotesis nilai rata-rata posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 85,59, dan pada kelas kontrol didapati nilai rata-rata posttest sebesar 75,91. Hal tersebut berarti terdapat adanya perbedaan nilai rata-rata antara kedua kelas sebesar 9,68. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini kemampuan pemahaman konsep matematika kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.
Downloads
References
Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal Of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. Https://Doi.Org/10.51577/Ijipublication.V1i3.117
Agustyaningrum, N. (2015). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1), 39–46. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/269107473_What_Is_Governance/Link/548173090cf22525dcb61443/Download%0Ahttp://Www.Econ.Upf.Edu/~Reynal/Civil Wars_12December2010.Pdf%0Ahttps://Think-Asia.Org/Handle/11540/8282%0Ahttps://Www.Jstor.Org/Stable/41857625
Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.33365/Ji-Mr.V2i1.774
Angrayni, Afrita. (2019). Problematika Pendidikan Di Indonesia. Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Ambon |2, 1–10. Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/229361428.Pdf
Asiah, S., Yarmi, G., & Arifin, M. . (2023). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 7(1), 39–51. Https://Www.Jbasic.Org/Index.Php/Basicedu/Article/View/4231/Pdf
Hake, R. (1999). Analyzingnchange/Gain Scores. Indiana University.
Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V8i2.454
Juhairiah, J., Danaryanti, A., & Sukmawati, R. A. (2018). Pengembangan Buku Siswa Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 94–107. Https://Doi.Org/10.20527/Edumat.V6i1.5129
Kemdiknas. (2011). Nstrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar Dari PISA Dan TIMSS. ROGRAM BERMUTU (Better Education Through Reformed Management And Universal Teacher Upgrading). Www.P4tkmatematika.Org
Khuluq, M. H. (2015). Developing Students’ Understanding Of Linear Equations With One Variable Through Balancing Activities A Thesis (Nomor July).
Latif, A., Pahru, S., & Muzakkar, A. (2022). Studi Kritis Tentang Literasi Sains Dan Problematikanya Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9878–9886.
Luritawaty, I. P. (2018). Pembelajaran Take And Give Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 179–188. Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V7i2.27
Nafii, A. Y. (2017). Pemahaman Siswa SMP Terhadap Konsep Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 119–125. Https://Doi.Org/10.15294/Kreano.V8i2.10259
Nasriadi, A. (2016). Representasi Persamaan Linear Satu Variabel Menggunakan Alat Peraga Model Cangkir Dan Ubin Pada Siswa Kelas VII SLTP. Jurnal Numeracy, III(2), 1–10. Https://Ejournal.Bbg.Ac.Id/Numeracy/Article/View/204
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. Https://Doi.Org/10.24853/Fbc.2.2.8-18
Parnabhakti, L., & Ulfa, M. (2020). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat Dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 11–14. Https://Doi.Org/10.33365/Ji-Mr.V1i1.154
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. Https://Doi.Org/10.24256/Jpmipa.V1i2.88
Siregar, M., Haitami, M., & Yusuf, M. K. (2023). JOTE Volume 4 Nomor 3 Tahun 2023 Halaman 1-8 Journal On Teacher Education Research & Learning In Faculty Of Education Penerapan Konsep Belajar Perspektif Al- Qur ’ An Dalam Pembelajaran Matematika Di SMPIT Nurul Fikri Bagan Sinembah Raya. 4, 1–8.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. CV Alfabeta.
Susilawati, T. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Pola Berpikir Divergen [Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin]. In Program Studi Tadris Matematika. Http://Repository.Uinjambi.Ac.Id/14039/1/208180031 Analisis Komunikasi Matematis Siswa Dengan Pola Berpikir DIVERGEN - Lampiran Fulltext.Pdf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)