Deskripsi kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pada mata kuliah geometri analitik bidang

  • Wanda Nugroho Yanuarto Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pada mata kuliah geometri analitik bidang. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester I kelas A angkatan 2014 Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara  dan dokumentasi. Data yang didapatkan berupa kemampuan komunikasi matematis kemudian direduksi, dianalisis, disajikan data dalam bentuk kualitatif, dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi mahasiswa yang tercermin pada setiap indikator-indikator kemampuan komunikasi mahasiswa tampak pada pembelajaran Geometri Analitik Bidang.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Amstrong, M.A. 2004. Instructional design in the real world: A view from the trenches. Melbourne: Information Science Publishing.

Arends, R.I. 1997. Classroom instruction and management. New York: Mc. Graw Hill Companies.

Ausubel . 1963. Meaningful verbal learning subsumption theory. London: Paul Chapman Publishing.

Bobango, T. 1993. Geometry and analytic calculus. New York : Routledge.

Bistari. 2010. Kebermaknaan dalam sebuah pembelajaran. Semarang : Cipta Karya.

Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Johnson, D.W. & Johnson, R.T. 2002. Meaningful assesment a manageable and cooperative process. Boston, MA: Allyn & Bacon.

Kemendiknas, Kemenag, JICA, UPI, UNY, & UM. 2012. Panduan Untuk Lesson Study Berbasis MGMP dan Lesson Study Berbasis Sekolah. Jakarta: IDC.

Marguerite, M. 2001. The van hiele levels of geometric understanding. Boston, MA: Allyn & Bacon.

Mujiman, H. 2007. Belajar mandiri dalam lingkup pendidikan dewasa. Yogyakarta : Aneka Ilmu.

Mulyasa. 2006. Belajar dan berpartisipasi aktif dalam pendidikan tinggi. Jakarta : Aneka Pustaka.

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). Representation in mathematical learning and problem solving. Dalam English, Lyn D. (Eds.), Journal for research in mathematics education. (pp. 197-217). Toms River: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers

Suryosubroto. 2013. Pendidikan dan kemandirian dalam sebuah sinergi. Jakarta : Bakti Mulia Pustaka.

Oh, G. & Lim, E. 2005. The way to study and learning process. New York, NY: State University of New York.

Salma, D.P. 2007. Growing with learning process. Madison Avenue: Taylor & Francis e-Library.

Syamsuri, I., & Ibrohim. 2012. Lesson study. Malang: UM.

Silver, M. & Smith, W. 1993. Comunicate into students and teachers. New York: Routledge.

Susilo. 2009. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Diterbitkan
2015-12-30
Bagian
Research
Abstrak viewed = 318 times
PDF (English) downloaded = 314 times