Pemahaman literasi statistika mahasiswa pada konteks covid-19 dengan collaborative problem solving (CPS)
Statistical literacy comprehension of students in the context of covid-19 with Collaborative Problem Solving (CPS)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pemahaman literasi statistika mahasiswa semester IV Universitas Palangkaraya pada konteks covid-19 dengan Collaborative Problem Solving (CPS). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penjelasan tersebut didasarkan dengan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan cara pemberian masalah literasi statistika yang didiskusikan secara berkelompok dan wawancara. Empat mahasiswa yang dipilih dari 38 mahasiswa sebagai subjek penelitian merupakan 2 kelompok yang mempunyai anggota dengan kemampuan matematika yang berbeda. Kelompok I terdiri dari subjek berkemampuan tinggi dan sedang, sedangkan kelompok II terdiri dari subjek berkemampuan sedang dan rendah. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemahaman literasi statistika keempat subjek berkemampuan tinggi, sedang, maupun rendah belum mampu untuk mencapai indikator menentukan klaim peneliti, dan merumuskan H0 dan H1 secara tepat.
Downloads
References
Barnes, T., Chi, M., & Eds, M. F. (2016). Proceedings of the 9th international conference on educational data mining. Proceedings of the 9th International Conference on Educational Data Mining, EDM 2016. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED592609.pdf#page=400&zoom=auto,-39,792
Care, E., Scoular, C., & Griffin, P. (2016). Assessment of collaborative problem solving in education environments. Applied Measurement in Education, 29(4), 250–264. https://doi.org/10.1080/08957347.2016.1209204
Engel, J. (2019). Statistical literacy and society: What is civic statistics? Actas Del Tercer Congreso Internacional Virtual de Educación Estadística, 39(1), 1–12. www.ugr.es/local/fqm126/civeest.html%0D
Fiore, S. M., Graesser, A., Greiff, S., Griffin, P., Gong, B., Kyllonen, P., Massey, C., O’Neil, H., Pellegrino, J., Rothman, R., Soule, H., & Davier, A. von. (2017). Collaborative problem-solving considerations for the national assessment of educational progress. National Center for Education Statistics. http://hdl.handle.net/10993/31897
Gal, I. (2019). Understanding statistical literacy: About knowledge of contexts and models. Actas Del Tercer Congreso Internacional Virtual de Educación Estadística. http://hdl.handle.net/10481/55029
Gonulal, T., Loewen, S., & Plonsky, L. (2017). The development of statistical literacy in applied linguistics graduate students. ITL - International Journal of Applied Linguistics, 168(1), 4–32. https://doi.org/10.1075/itl.168.1.01gon
Gould, R. (2017). Data literacy is statistical literacy. Statistics Education Research Journal, 16(1), 22–25. Statistics Education Research Journal, 2017 - iase-web.org
Graesser, A. C., Fiore, S. M., Greiff, S., Andrews-Todd, J., Foltz, P. W., & Hesse, F. W. (2018). Advancing the science of collaborative problem solving. Psychological Science in the Public Interest, 19(2), 59–92. https://doi.org/10.1177/1529100618808244
Gurria, A. (2016). PISA 2015 Result in Focus. OECD. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1787/22260919
Hafiyusholeh, M., Budayasa, K., & Siswono, T. Y. E. (2017). Literasi statistik : Siswa SMA dalam membaca , menafsirkan , dan menyimpulkan Data. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami), 1(1), 79–85. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/41
Herdian, A., Syaban, M., & Lestari, P. B. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving Terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis pada Siswa SMP. Educare, 13(2), 54–65.
Jahari, J. (2020). Preparing teachers in the era of “independence learning” in Indonesia. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(7), 3990–3998. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I7/PR270395
Maysani, R., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa dalam mata kuliah statistika deskriptif. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 32–49. Statistics Education Research Journal, 2017 - iase-web.org
Mishra, P., Pandey, C. M., Singh, U., Gupta, A., Sahu, C., & Keshri, A. (2019). Descriptive Statistics and Normality Test for Statistical Data. Annals of Cardiac Anaesthesia, 22(1), 1–5. https://doi.org/10.4103/aca.ACA
Park, M., Cook, A. R., Lim, J. T., Sun, Y., & Dickens, B. L. (2020). A systematic review of covid-19 epidemiology based on current evidence. Journal of Clinical Medicine, 9(4), 967. https://doi.org/10.3390/jcm9040967
Permendikbud. (2020). Menteri pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia. 62.
Rafianti, I., Setiani, Y., & Novaliyosi. (2018). Profil kemampuan literasi kuantitatif calon guru matematika. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 11(1), 63–74. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2985
Raudonius, S. (2017). Application of statistics in plant and crop research: Important issues. Zemdirbyste-Agriculture, 104(4), 377–382. https://doi.org/10.13080/z-a.2017.104.048
Roser, M., Ritchie, H., & Ortiz-Ospina, E. (2020). Coronavirus disease (covid-19) – statistics and research - our world in data. University of Oxford, 2020, 1–42. https://ourworldindata.org/coronavirus
Sari, D., Mulyani, B., & Mulyani, S. (2014). Studi Komparasi Metode Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) Dan Cooperative Problem Solving (CPS) Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Matematik Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA SMA. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 3(1), 51–57.
Sari, R. K. (2018). Analisis Newman dalam Menyelesaikan Soal Statistika Ditinjau dari Metakognitif Tacit Use. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 157–166. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.157-166
Setyawan, A. A., & Pamungkas, A. S. (2018). Kajian literasi statistik mahasiswa dalam membaca, menyajikan data dan menafsirkan data. Seminar Nasional Pendidikan FKIP UIR, 8–14. https://scholar.google.com/scholar?cluster=5616925672965916414&hl=en&oi=scholarr
Takaria, J. (2015). Peningkatan literasi statistis, representasi matematis, dan self concept mahasiswa calon guru sekolah dasar melalui model collaborative problem solving. In Disertasi Pascasarjana UPI.
Takaria, J. (2018). Penerapan pembelajaran collaborative problem solving untuk meningkatkan self-concept mahasiswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 02(01), 83–93. http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt%0A
Ziegler, L., & Garfield, J. (2018). Developing a statistical literacy assessment for the modern introductory statistics course. Statistics Education Research Journal, 17(2013), 161–178. http://www.stat.auckland.ac.nz/serj
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)