Conception of spherical triangle in terms of learning styles
Konsepsi segitiga bola ditinjau dari gaya belajar
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsepsi mahasiswa pada materi segitiga bola ditinjau dari gaya belajar. Konsepsi mahasiswa dideskripsikan berdasarkan identifikasi mahasiswa terhadap segitiga bola serta penerapan segitiga bola untuk menentukan jarak pelayaran dan haluan kapal dalam pelayaran. Representasi mahasiswa terhadap segitiga bola difokuskan pada menghitung besarnya bagian-bagian segitiga bola, penggunaan aturan-aturan segitiga bola untuk menghitung jarak dan haluan kapal dalam pelayaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester I Program Studi Nautika yang bergaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan konsepsi antara mahasiswa yang bergaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Dosen diharapkan memiliki strategi yang tepat dalam menyampaikan materi perkuliahan, sehingga materi dapat dengan mudah dipahami oleh mahasiswa yang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Abdurrahman, M. (2012). Anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ausubel, D. P., Novak, J., & Hanesian, H. (1978). Educational psychology a cognitive view (2ndEd). (2ndEd ed.). New York: Holt, Reinehart and Winston, Inc.
Berg, E. V. . (1995). Miskonsepsi fisika dan remediasi.
Biber, C., Tuna, A., & Kokmaz, S. (2012). “The mistake and the misconceptions of the eigth grade students on the subject of angels”. . European Journal of Science and Mathematics Education., 1 no 2(mathematics education).
Chislett, V. and C. (n.d.). VAK Learning Styles Self-Assessment Questionnaire.
Chislett, V., & Chapman, A. (2000). VAK Learning Styles Self-Assessment Questionnaire. Http://Www.Businessballs.Com. .
Cockcroft, A. N., & Lameijer, J. N. F. (2012). International convention on standards of training, certification and watchkeeping for seafarers, 1978, as amended. In A Guide to the Collision Avoidance Rules. https://doi.org/10.1016/b978-0-08-097170-4.00009-x
Dahar, R. . (2011). Teori- teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
DePorter, B. and Hernacki, M. (2006). Quantum learning:membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. bandung: Kaifa.
Driver, R., Guesne, E., & Tiberghien, A. (1985). Children’s ideas in science. In Cognition. https://doi.org/10.1016/j.talanta.2011.03.065
Erdogan, E. O., & Dur, Z. (2014). Preservice mathematics teachers’ personal figural concepts and classifications about quadrilaterals. Australian Journal of Teacher Education. https://doi.org/10.14221/ajte.2014v39n6.1
Franke, M., & Reinhold, S. (2016). Didaktik der Geometrie. In Didaktik der Geometrie. https://doi.org/10.1007/978-3-662-47266-8
Ibrahim. (2012). Seri pembelajaran inovatif konsep, miskonsepsi, dan cara pembelajaran. surabaya: unesa press.
IMO. (2014). Model Course 7.03, officer charge of a navigational watch (2014th ed.). london.
kastberg. (2002). Understanding mathematical concepts:the case of the logarithmic function. University of Georgia.
Kells, Kern, & Bland. (1940). Plane and Spherical Trigonometry (1st ed.). New York and London: McGraw-Hill Book Company,Inc.
Kelly, L. (2016). Spherical Trigonometry “There is no royal road to geometry.” Moraga.
Kusaeri. (2015). Terbentuknya konsepsi matematika pada diri anak dari perspektif teori reifikasi dan apos. Jurnal Pendidikan: Matematika., 1 no.2(konsepsi).
Mirianto, A. (2017). Pengembangan media pembelajaran simulator berbasis peta digital web pada materi segitiga bola di politeknik pelayaran. Universitas Negeri Surabaya.
National Council Of Teachers Of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. School Science and Mathematics. https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.2001.tb17957.x
Susilo, M. joko. (2006). Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar. Yogyakarta: Pinus.