Analysis of errors according to Newman in solving the spherical triangle

Analisis kesalahan menurut Newman dalam menyelesaikan segitiga bola

  • Ari Sriantini Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Cholik Universitas Negeri Surabaya
Kata Kunci: analisis, newman, segitiga bola

Abstrak

Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini bertujuan untuk mengidentifikasi tipe kesalahan dan penyebabnya, serta mengatasinya. Tipe-tipe kesalahan menurut Newman mencakup kesalahan pembacaan, pemahaman terhadap soal, melakukan transformasi, ketrampilan pengerjaan, dan penulisan simbol. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester pertama Program Studi Nautika yang berjumlah 25 mahasiswa, dengan memakai metode tes, wawancara, dan pengumpulan data. Hasil wawancara dibandingkan dengan jawaban tes mahasiswa, metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui nama mahasiswa sebagai subyek penelitian. Berdasarkan luaran penelitian, didapatkan 23,6% mahasiswa mengalami kesalahan pada tahap membaca, 21,8% mahasiswa menghadapi kesalahan dalam tahap pemahaman, 17,3% mahasiswa melakukan kesalahan dalam tahap transformasi, 26,4% mahasiswa mengalami kesalahan pada tahap ketrampilan proses, 10,9 % mahasiswa mengalami kesalahan pada tahap notasi. Kesalahan-kesalahan tersebut disebabkan kurangnya memahami soal, mahasiswa tidak mampu mengubah soal cerita menjadi bahasa matematika, kurang teliti, kurang latihan dalam mengerjakan soal cerita, dan lupa tentang rumus yang digunakan. Dosen diharapkan sering mengenalkan persoalan segitiga bola yang kontekstual kepada mahasiswa untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa, mahasiswa harus sering dilatih untuk menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan segitiga bola dengan berbagai variasi untuk melatih ketelitian dan keterampilannya.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Alhassora, N. S. A., Abu, M. S., & Abdullah, H. (2017). Newman Error Analysis On Evaluating And Creating Thinking Skills. Man In India, 19(97), 413–427.

Amini, S., & Nota Hasti Yunianta, T. (2018). Analisis kesalahan newman dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial dan scaffolding-nya lagi kelas VII SMP. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–28. Retrieved from http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/70/64

Asih, S. T. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Open Ended Berdasarkan Metode Newman pada Pokok Bahasan Persegi dan Persegipanjang di SMPN 11 Jember About Square and Rectangle Subject Based on Newman Method at SMPN 11 Jember ). Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1–6.

Budi, B. S., & Nusantara, T. (2020). Analisis Kesalahan Newman Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Nilai Mutlak Dan Scaffolding-Nya. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(2), 2599–2600.

Dinda Amalia, & Windia Hadi. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematis. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 219–236. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.904

Fitriatien, S. R. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Universitas PGRI Adi Buana, 4(1), 53–64.

Halim, F. A., & Rasidah, N. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 35. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i1.1406

Hariyani, S., & Aldita, V. C. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Prosedur Newman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 39–50. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.805

Hudayanti, F. (2010). Kajian Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta Dalam Mempelajari Aljabar. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

IMO. (2014). MODEL COURSE 7.03 (1st ed.). london: IMO.

Junaedi, I. (2012). Tipe Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri Analitik Berdasar Newman’s Error Analysis (NEA). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 125–133. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i2.2872

Juwita, S., & Zahra, A. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam pemahaman konsep menyelesaikan soal cerita spldv dengan tahapan newman. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(2), 87–94.

Karnasih, I. (2015). Analisis Kesalahan Newman pada Soal Cerita Matematis (Newman’S Error Analysis in Mathematical Word Problems). Jurnal Paradikma, 8(April), 37–51.

Karunia Suci, A. D. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman. Ekuivalen Universitas Muhammadiyah Purworejo E-ISSN 2541-4070, 2(1), 19–24.

Martina Agfa. (2018). Analisis kesalahan menyelesaikan soal cerita bangun ruang sisi lengkung berdasarkan metode newman pada siswa bergaya belajar auditorial. Thesis, tidak dipublikasikan. Universitas Jember.

Mirianto, A. (2017). Pengembangan media pembelajaran simulator berbasis peta digital web pada materi segitiga bola di politeknik pelayaran. Thesis, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Surabaya.

Paladang, K. K., Indriani, S., & Dirgantoro, K. P. S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SLH Medan dalam Mengerjakan Soal Matematika Materi Fungsi Ditinjau dari Prosedur Newman. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 1(2), 93–103.

Palunsu, E. F. R., Anggraini, A., & Hadjar, I. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel Di Kelas Vii Smp Negeri 2 Palu. AKSIOMA : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 217–228.

Rohmah, M., & Sutiarso, S. (2018). Analysis problem solving in mathematical using theory Newman. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 671–681. https://doi.org/10.12973/ejmste/80630

Rufaiqoh, E. (2017). Analisis Kesalahan Keterampilan Proses Siswa berdasarkan Tahapan Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Lingkaran di Kelas VIII MTS Negeri Jember 1. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 13(12), 63–68. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php

Safitri, D. (2017). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Metode Analisis Kesalahan Newman. Jurnal Dewantara, III, 47–59. Retrieved from http://www.ejournal.iqro-metro.co.id/index.php

Sari, S. R., Munawaroh, F., Rosidi, I., & Wulandari, A. Y. R. (2019). Kesalahan Umum Pada Penyelesaian Soal Cerita Materi Getaran , Gelombang , Dan Bunyi : Aplikasi Newman Error. Natural Science Education Reseach, 2(2), 159–166.

Satoto, S. (2012). Analisis Kesalahan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kendal Dalam Menyelesaikan soal materi jarak pada bangun ruang. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Semarang.

Shinariko, L. J., Saputri, N. W., Hartono, Y., & Araiku, J. (2020). Analysis of students’ mistakes in solving mathematics olympiad problems. Journal of Physics: Conference Series, 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1480/1/012039

Son, A. L., Darhim, & Fatimah, S. (2019). An analysis to student error of algebraic problem solving based on polya and newman theory. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012069

Sumule, U., Amin, S. M., & Fuad, Y. (2018). Error Analysis of Indonesian Junior High School Student in Solving Space and Shape Content PISA Problem Using Newman Procedure. Journal of Physics: Conference Series, 947(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/947/1/012053

Swari, C. D. V. S., Mardiyana, & Indriati, D. (2020). Analysis of mathematical problem solving based on stages Newman in equality and inequality one variable. Journal of Physics: Conference Series, 1511(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012094

Tria Mada Surya, I., Ketut Suastika, I., Rahayu Sesanti, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-soal Materi Operasi Bentuk Aljabar Berdasarkan Tahaoan Newman di Kelas VII SMP NU Bululawang. Jurnal Terapan Sains & Teknologi (RAINSTEK) |, 1(1), 25–33.

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540.

White, A. . (2010). Numeracy,Literacy and Newman’s Error Analysis. Journal of Science and Mathematics Education Inn Southeast Asia, 33(2), 129–148.

Yunus, J., Zaura, B., & Yuhasriati. (2019). Analysis Of Students Error According To Newman In Solving Mathematics Problems Of Algebra In The Form Of Story In Second Grade Of SMPN 1 Banda Aceh. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin, 2(2), 308–313.

Zamzam, K. F., & Patricia, F. A. (2018). Error Analysis of Newman to Solve the Geometry Problem in Terms of Cognitive Style. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 160(Incomed 2017), 24–27.

Diterbitkan
2021-05-08
Abstrak viewed = 352 times
PDF downloaded = 249 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##