Penerapan model pembelajaran ATI dengan pendekatan Open-Ended terhadap kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari kemandirian belajar
Application of ATI teaching model with Open-Ended approach for mathematics representation ability in terms of autonomy learning
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kemampuan representasi matematis siswa antara model pembelajaran ATI dengan pendekatan Open-Ended, model pembelajaran ATI, dan model pembelajaran langsung; menguji perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah; menguji interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 4 Singkawang. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas VIII D, VIII G, dan VIII H. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Anava dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan representasi matematis siswa antara model pembelajaran ATI dengan pendekatan Open-Ended, model pembelajaran ATI, dan model pembelajaran langsung; ada perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, kemandirian belajar sedang, dan kemandirian belajar rendah; ada interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap kemampuan representasi matematis siswa.
Downloads
References
Amelia, A. (2013). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Penerapan Pendekatan Metakognitif (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Jenita, G., Sudaryati, S., & Ambarwati, L. (2017). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS X MIA 1 DI SMAN 4 BEKASI. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 1(1), 11-18.
Kurniati, R., & Astuti, M. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palembang. JIP, 2(1), 1–18.
Mashuri, I. (2012). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Inkuiri Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Kabupaten Blora. JMEE, II(1), 19–35.
Melissa, M. M. (2016). Peningkatan Kemandirian Dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Di Kelas VII E SMP N 15 Yogyakarta. Jiem| Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika, 2(1), 1-18.
Nazarullah. (2016). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Open Ended Pada Kelas VII SMP Negeri Bandar Baru. Skripsi UIN Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh.
Nuraini, O., Ainy, C., & Suprapti, E. (2016). Penerapan Model Aptitude Treatment Interaction (ATI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Permukaan Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP Mardi Putera Surabaya. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 86–104.
Rini. (2018). Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Intuitif Matematis Siswa. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Rosmaiyadi, R. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Learning Cycle 7e Berdasarkan Gaya Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 12-19.
Rosmaiyadi, Mariyam, & Juliyanti. (2018). Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dengan Strategi Pembelajaran Group To Group Exchange Berpendekatan Kontekstual. JPPM, 11(1), 149–159.
Sari, A. N., Wahyuni, R., & Rosmaiyadi. (2016). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 10 Pemangkat. JPMI, 1(1), 20–24.
Setiani, N., Susilaningsih, & Ngadiman. (2013). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI). Jupe UNS, 1(2), 1–12.
Suhendri, H. (2015). Pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemandirian belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105- 114.
Susanti, V. D. (2018). Eksperimentasi model pembelajaran aptitude treatment intraction (ati) dengan pendekatan ctl ditinjau dari kedisiplinan belajar mahasiswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 1-9.
Syafri, F. S. (2017). Kemampuan Representasi Matematis dan Kemampuan Pembuktian Matematika. JURNAL e-DuMath, 3(1), 49-55.
Utami, Y. R. (2017). Pengaruh pendekatan open ended terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di MI Negeri 2 Mataram tahun pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, UIN Mataram).
Wahyuni, Septia. (2012). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis dan Self Esteem Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan menggunakan Model Pembelajaran Arias. Tesis SPs UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.
Wahyuni, R., Mariyam, & Sartika, D. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus. JPMI, 3(1), 26–31.
Wirayat, A., & Matsum, J. H. (2015). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(8), 1-12.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)