Pengembangan media pembelajaran berbasis website materi trigonometri siswa SMA kelas XI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis website materi trigonometri. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA kelas XI. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE dengan tahap analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Media pembelajaran website telah melalui uji validasi dari aspek materi mencapai skor rata-rata 4,0 dengan kategori valid dan dari aspek tampilan mencapai skor rata-rata 4,1 dengan kategori valid. Media juga telah melalui uji penilaian kepraktisan mencapai skor rata-rata 4,2 dengan kategori praktis. Media diujicobakan dengan skala kecil dan memperoleh respons yang positif. Setelah melakukan uji coba, subjek mengalami peningkatan nilai kognitif dari nilai rata-rata 37,4 menjadi 76,8. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran website yang telah dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Dewi, N. R. 2013. Pengembangan Website Berorientasi Brain-Based Learning sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika 9(4). Universitas Negeri Yogyakarta
Doyan, A., & Sukmantara, I. K. Y. 2014. Pengembangan Web Intranet Fisika untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 10(2). UNRAM
Jas, I., Rosha M., & Nilawasti Z.A. 2012. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Website dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika 1(1). UNP
Setyadi, D., & Qohar, A.B.D. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web pada Materi Barisan dan Deret. Kreano 8 (1). UNNESI
Zulkardi., & Ilma, R. 2010. Pengembangan Blog Support untuk Membantu Sisa dan Guru Matematika Indonesia Belajar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Informasi dan Perekayasa Pendidikan (JIPP) 2(1)