The profile of junior high school students’ problem solving in answering the content TIMSS test of algebra on ideal problem solving

Profil pemecahan masalah siswa SMP dalam menyelesaikan soal TIMSS konten aljabar berdasarkan pemecahan masalah IDEAL

  • Maria Krissanti Universitas Kristen Satya Wacana
  • Tri Nova Hasti Yunianta Universitas Kristen Satya Wacana
Kata Kunci: pemecahan masalah IDEAL, soal matematika TIMSS, aljabar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal TIMSS konten aljabar berdasarkan pemecahan masalah IDEAL (I-Identify problem, D-Define goals, E-Explore possible strategies, A-Anticipate outcomes and act, dan L-Look back and learn) pada siswa kelas VIII di SMP Kristen 2 Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Terdapat 3 soal pilihan ganda TIMSS konten aljabar dengan topik pola, bentuk aljabar, serta persamaan dan fungsi. Pemilihan subjek dalam penelitian ini dengan menggunakan  purposive sampling yang diperoleh sebanyak 3 subjek. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu indikator pemecahan masalah IDEAL. Berdasarkan hasil tes dan wawancara, menunjukkan bahwa sebagian subjek telah mampu melakukan tahapan-tahapan pemecahan masalah dengan tepat dan runtut, namun sebagian subjek juga cenderung kurang dalam tahap Explore possible strategies dan  tahap Look back and learn.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Annizar, A. M. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal PISA Menggunakan Model IDEAL Pada Siswa Usia 15 Tahun di SMA Nuris Jember. Universitas Jember. Diakses Tanggal 26 Juli 2019 Dari Http://Repository.Unej.Ac.Id/Handle/123456789/73118.

Bransford, J. D., & Stein, B. S. (1984). The ideal problem solver : a guide for improving thinking, learning, and creativity (2nd ed.). New York: W.H Freeman.

Cahyono, B., & Adilah, N. (2016). Analisis Soal Dalam Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Kelas VIII Semester I Berdasarkan Dimensi Kognitif Dari TIMSS. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 86–98.

Dahar, R. W. (1989). Teori-teori belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Damayanti, E. R., & Yunianta, T. N. H. (2018). The Profile Of Junior High School Students’problem Solving In Answering The Content Pisa Test Of Uncertainty And Data Based On Ideal Problem Solving. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 250–264.

Nayazik, A. (2017). Pembentukan Keterampilan Pemecahan Masalah melalui Model IDEAL Problem Solving dengan Teori Pemrosesan Informasi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 182–190.

Purnomo, E. A., & Mawarsari, V. D. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran IDEAL Problem Solving Berbasis Project Based Learning. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 1(1).

Rudhito, M. A., & Prasetyo, D. A. B. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model TIMSS Untuk Mendukung Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(1), 88–97.

Sidauruk, E. E. V., & Ratu, N. (2018). Deskripsi Pemecahan Masalah Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal TIMSS Konten Aljabar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(2), 28–37.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, E. (2016). Pengembangan Soal Matematika Tipe TIMSS Menggunakan Konteks Rumah Adat Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1–22.

Susiana, E. (2010). IDEAL Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 1(2), 73–82.

Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan IDEAL Problem Solving. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1), 90–96.

Widayanti, E., & Kolbi, I. A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal TIMSS Untuk Kategori Penalaran. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1), 76–85.

Yanti, A. P., & Syazali, M. (2016). Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Bransford dan Stein Ditinjau dari Adversity Quotient. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74.

Diterbitkan
2020-04-09
Bagian
Research
Abstrak viewed = 474 times
PDF downloaded = 440 times