Etnomatematika pada bangunan Tabut Bansal Bengkulu
Ethnomathematical of Tabut Bansal Bengkulu Building
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konsep matematika yang terdapat pada bangunan Tabut Bansal Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di tempat pembuatan Tabut Bansal yang berlokasi di Kelurahan Tengah Padang, Kota Bengkulu. Subjek dari penelitian ini adalah seorang pembuat Tabut Bansal kelompok Tengah Padang, Kota Bengkulu yang merupakan anggota Kerukunan Keluarga Tabut Bengkulu. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dalam penelitian ini dilakukan melalui pengamatan langsung terhadap struktur bangunan Tabut Bansal. Identifikasi konsep matematika pada bangunan Tabut Bansal dilakukan melalui observasi yang selanjutnya diperdalam melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan metode triangulasi untuk memastikan keberlakuan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bangunan Tabut Bansal merupakan sebuah kotak dengan hiasan indah dari kain motif batik dan kaligrafi. Bangunan Tabut Bansal menunjukkan bahwa terdapat konsep matematika yaitu persegi, pengukuran, persegi panjang, kekongruenan, kesebangunan, dan refleksi. Temuan konsep matematika tersebut dapat dikembangkan menjadi bahan ajar seperti modul, LKPD berbasis Tabut, dan lain-lain.
Downloads
References
Amaliyah, S. (2021). Konsep Pendidikan Keluarga Menurut Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1766–1770.
Asmara, A. (2022). Students’ Mathematical Literacy Ability at Application of Besurek Learning Model. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 9(8), 394–399. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v9i8.4028
Butsainah, H. I. (2022). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Tradisi dan Budaya Tabot di Kota Bengkulu [Undergraduated Thesis]. Universitas Islam Indonesia.
Chrissanti, M. I. (2018). Etnomatematika sebagai Salah Satu Upaya Penguatan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 243–252. http://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math
Delviana, R., & Putra, A. (2022). Systematic Literature Review: Eksplorasi Etnomatematika pada Ornamen. Leibniz: Jurnal Matematika, 2(1), 48–58.
Hasibuan, H. A., & Hasanah, R. U. (2022). Etnomatematika: Eksplorasi Transformasi Geometri Ornamen Interior Balairung Istana Maimun Sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1614–1622.
Hidayah, L., & Pardi, H. H. (2022). Studi Etnomatematika: Konstruksi Bangun Ruang Sisi Lengkung pada Pembuatan Gerabah di Desa Banyumulek. Journal of Math Tadris (JMt), 2(1), 58–79. https://doi.org/10.55099/jurmat.v2i1.59
Khairuddin, K., & Man, Y. L. (2023). Tabot Tradition and Acculturative Religious Tradition of The Bengkulu Community. Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies, 7(1), 65–108. https://doi.org/10.30821/jcims.v7i1.14602
Kurino, Y. D., & Rahman, R. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Panjalin pada Materi Konsep Dasar Geometri di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 268–275. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1937
Leton, S. I., Lakapu, M., Lapenangga, A. K., & Dosinaeng, W. B. N. (2023). Etnomatematika pada Budaya Timor (Suku Boti) dalam Perspektif Geometri. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(2), 729–742. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.16938
Mahuda, I. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Motif Batik Lebak Dilihat dari Sisi Nilai Filosofi dan Konsep Matematis. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.46306/lb.v1i1
Megayanti, S., & Elcaputera, A. (2019). Analisis Kearifan Lokal Masyarakat Bengkulu dalam Festival Tabot Berdasarkan Receptio in Complexu Theory. AL-IMARAH: Jurnal Pemerintah Dan Politik Islam, 4(2), 111–125. https://www.nahimunkar.org/ramai-khutbah-tentang-
Monique, E. P., Indriasari, N., & Anggraini, I. (2020). Halal Tourism Promotion Using E-Commerce Social Media on Tourist Visit: “Study in Bengkulu Province.” Jelajah: Journal Tourism and Hospitality, 2(1), 33–44.
Murtiawan, W. E., Raea, K., & Wibawa, G. N. A. (2020). Eksplorasi Konsep Etnomatematika Geometri pada Bangunan Pura. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 5(2), 86–95.
Oktarini, D., & Ariani, N. M. (2016). Kemampuan Berpikir Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele dengan Gaya Kognitif Field Independent. JURNAL Math-UMB.EDU, 3(3), 5–10.
Padewa, R. P. (2022). Dol dan Tassa dalam Upacara Ritual Tabut pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Bengkulu [Undergraduated Thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta]. https://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi_Covid-19
Purniati, T., Turmudi, T., & Suhaedi, D. (2020). Ethnomathematics: Exploration of A Mosque Building and Its Ornaments. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032042
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Royani, M., & Agustina, W. (2017). Bentuk-Bentuk Geometris pada Pola Kerajinan Anyaman sebagai Kearifan Lokal di Kabupaten Barito Kuala. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 105–112.
Saida, N., Kurniawati, T., & Wahono, W. (2017). Problem Based Learning sebagai Upaya Pengenalan Konsep Pengukuran pada Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3c), 212–220.
Salsabila, S. A., & Soebagyo, J. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Masjid Cut Meutia. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 293–307. https://doi.org/10.33654/math.v9i2.2275
Sarumaha, R., & Gee, E. (2021). Identifikasi Hombo Batu sebagai Media Pembelajaran Ditinjau Secara Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 155–166. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3163
Shiddiq, K. H., Palupi, W., & Dewi, N. K. (2021). Profil Kemampuan Pengukuran Anak usia 4-6 Tahun. Early Childhood Education and Development Journal, 3(1), 35–46. https://jurnal.uns.ac.id/ecedj
Suharta, I. G. P., Parwati, N. N., & Pujawan, I. G. N. (2021). Integration of Ethnomathematics in Learning Geometry Transformation. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 566, 107–110.
Suparno, S., Alfikar, G., Santi, D., & Yosi, V. (2018). Mempertahankan Eksistensi Budaya Lokal Nusantara di Tengah Arus Globalisasi Melalui Pelestarian Tradisi Gawai Dayak Sintang. Jurnal PEKAN, 3(1), 43–56.
Susanty, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Memahami Teks Bahasa Inggris Melalui Teknik Skimming-Scanning Pada Mahasiswa Stit Ru Semester Ii 2017/2018. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(1), 43–54. https://doi.org/10.48094/raudhah.v4i1.41
Syaputra, E. (2019). Local Wisdom for Character Education: A Study of Character Values in Tabot Tradition in Bengkulu. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 136. https://doi.org/10.29300/ijsse.v1i2.2245
Syawal, S. (2022). Landasan Pendidikan dalam Perspektif Budaya (Kajian Pendidikan dan Budaya Toraja Ma’nene). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 14087–14094.
Yudianto, E., Sunardi, S., Sugiarti, T., Susanto, S., Suharto, S., & Trapsilasiwi, D. (2018). The Identification of van Hiele Level Students on the Topic of Space Analytic Geometry. Journal of Physics: Conference Series, 983(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012078
Zhang, C., Wijaya, T. T., Zhou, Y., Chen, J., & Ning, Y. (2021). Ethnomathematics Values in Temple of Heaven: An Imperial Sacrificial Altar in Beijing, China. Journal of Physics: Conference Series, 2084(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2084/1/012015
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)