Pengaruh kecemasan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 13 Banjarmasin

  • Aminah Ekawati STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: Kecemasan, Hasil Belajar

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya adalah faktor internal, yaitu faktor psikologis. Salah satu faktor psikologis adalah kecemasan. Kecemasan merupakan suatu perasaan yang mengacu pada suasana hati yang tidak nyaman yang berupa perasaan panik, gugup, khawatir ditimbulkan oleh adanya permasalahan. Kecemasan yang dijadikan permasalahan dalam penelitian ini adalah kecemasan yang menyebabkan ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan persoalan matematika. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Untuk melihat mampu atau tidaknya siswa dalam mengerjakan permasalahan matematika dilakukan dengan menggunakan tes. Populasi dalam penelitian iniĀ  adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 13 Banjarmasin yang terdiri dari 231 orang yang tersebar dalam 7 kelas. Sampel penelitian ini sebanyak sebanyak 70 orang yang tersebar di 7 kelas yang diambil secara acak. Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Pengaruh kecemasan dan hasil belajar matematika diuji dengan menggunakan uji chi kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang kuat antara kecemasan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 13 Banjarmasin.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Aminah Ekawati, STKIP PGRI Banjarmasin

Dosen Prodi Pendidikan Matematika

References

Angreini, T. 2010. Hubungan Antara Kecemasan Dalam Menghadapi Mata Pelajaran Matematika Dengan Prestasi Akademik Matematika Pada Remaja. http://www.gunadarma.ac.id/library/articles/graduate/psychology/2010/Artikel_10505235.pdf

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dacey, J.S. 2000. Your anxious child How parents and teachers canrelieve anxiety in children. SaFransisco: Jossey-Bass Publishers. http://www.library.usd.ac.id/Data%20PDF/F.%20Psikologi/Psikologi/029114060_full.pdf

Luo, Y., F. Wang & Z. Luo. 2009. Investigation and Analysis of mathematics Anxiety in Middle School Students.Journal of mathematics Education, Vol.2, No.2, hlm.12-19. http://educationforatoz.com/images/_9734_2_Xinbin_Lou.pdf

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, A. 2011. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Supangat, A. 2012. Statistika Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, dan Nonparametrik. Jakarta: Kencana Media Group.

Suparjo, V.P. 2007. Kecemasan Siswa SMP Dalam Menghadapi Mata Pelajaran Matematika.
Published
2015-12-30
How to Cite
Ekawati, A. (2015). Pengaruh kecemasan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 164-169. https://doi.org/10.33654/math.v1i3.16
Section
Research
Abstract viewed = 2246 times
PDF downloaded = 1665 times