Strategi Pemecahan Masalah Open-Ended Siswa Berpikir Kreatif Matematis Tinggi

  • Hajjah Rafiah STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: Strategi Pemecahan Masalah, Masalah Open-Ended, Berpikir Kreatif Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemecahan masalah open-ended yang digunakan oleh siswa dengan level berpikir kreatif matematis tinggi. Masalah open-ended yang digunakan adalah masalah aljabar dan geometri. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian merupakan siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sullamut Taufiq. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemecahan masalah open-ended siswa berpikir kreatif matematis tinggi dalam memecahkan masalah aljabar adalah dengan menduga sebuah jawaban lalu memeriksanya dan kemudian menggunakan analogi atau masalah serupa untuk penyelesaian selanjutnya. Untuk pemecahan masalah geometri, siswa berpikir kreatif matematis tinggi menggunakan strategi pemecahan dengan mengubah cara pandang terhadap masalah, membagi masalah menjadi beberapa submasalah yang lebih sederhana, menemukan pola, dan menggunakan analogi untuk masalah serupa. Berdasarkan strategi yang digunakan tersebut, dapat dikatakan bahwa siswa berpikir kreatif matematis tinggi menggunakan kemampuan berpikir induktif secara analogi pada pemecahan masalah open-ended.

Published
2019-12-30
How to Cite
Rafiah, H. (2019). Strategi Pemecahan Masalah Open-Ended Siswa Berpikir Kreatif Matematis Tinggi . Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(2), 75 - 83. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.895
Abstract viewed = 246 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 362 times