Implementasi pendidikan karakter dalam perkuliahan dasar-dasar pemrograman untuk meningkatkan Soft Skill mahasiswa melalui model pembelajaran berbasis projek

  • Kenti Yuliana
Keywords: kerja keras,, kerjasama,, kemampuan pemrograman,, prestasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pendidikan karakter dalam perkuliahan dasar-dasar pemrograman berbasis projek dan untuk meningkatkan kemampuan soft skill mahasiswa. Disain penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan pendekatan model Kurt Lewin. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Teknologi Informasi STKIP PGRI Banjarmasin. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi pendidikan karakter dalam perkuliahan Dasar-dasar Pemrograman  terdiri atas beberapa aspek utama, yakni meliputi aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran; (2) kemampuan soft skill mahasiswa dapat ditingkatkan melalui pengembangan nilai-nilai karakter dalam wujud ketaatan beribadah, sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli dan kerjasama, dalam kegiatan pembelajaran Dasar-dasar Pemrograman  berbasis projek.

Published
2019-02-20
How to Cite
Yuliana, K. (2019). Implementasi pendidikan karakter dalam perkuliahan dasar-dasar pemrograman untuk meningkatkan Soft Skill mahasiswa melalui model pembelajaran berbasis projek. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1). https://doi.org/10.33654/jpl.v11i1.426
Section
Articles
Abstract viewed = 220 times
PDF downloaded = 254 times