Analisis Kepuasan Pengguna E-Rapor Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (Studi Kasus : SMKN 5 Banjarmasin)

  • Triwahyuni Minto Asih SMKN 5 Banjarmasin
  • Kenti Yuliana Pendidikan Teknologi Informasi STKIP PGRI Banjarmasin
  • Akhmad Syarwani Pendidikan Teknologi Informasi STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: EUCS, SPSS, Kepuasan Pengguna, E-Rapor

Abstract

Penggunaan e-rapor di SMKN 5 Banjarmasin sudah terbilang cukup lama sebagai pendukung sistem penilaian di sekolah secara efektif, efisien, dan fleksibel. Namun belum pernah dilakukan evaluasi dan faktor kepuasan dalam penggunaan sistem ini kepada pengguna sistem. Sesuai dengan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, Pendidik (guru) yang merupakan pengguna sistem belum diketahui seberapa puas sistem ini dalam memenuhi harapan. Oleh karena itu, pengukuran kepuasan perlu dilakukan untuk mengetahui apakah sistem ini tergolong sistem yang berhasil atau tidak. Tujuan penelitian ini adalah mengukur tingkat kepuasan pengguna akhir terhadap aplikasi e-rapor berdasarkan variabel content, accuracy, format, timeliness dan easy of use dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Peneliti menggunakan model End User Computing Satisfaction (EUCS) dengan pendekatan kuantitatif dan penyebaran kuesioner yang dilakukan secara online untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 157 pendidik dengan pengambilan sampel acak minimum 61 sampel, dan terkumpul sebanyak 69 responden. Tool yang digunakan untuk mengolah data yaitu IBM SPSS Statistic 28. Adapun hasil yang diperoleh, yaitu tiap variabel EUCS (content, accuracy, format, easy of use dan timeliness) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna akhir pada aplikasi e-rapor di SMKN 5 Banjarmasin. Angka Adjusted R Square sebesar 0,812 menunjukkan bahwa 81,2 persen variabel kepuasan dapat dijelaskan oleh kelima variabel independen.

Published
2023-06-05
Section
Articles
Abstract viewed = 168 times
PDF downloaded = 163 times