Implementasi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Fiber Optik Berbasis Android di SMK Negeri 1 Gambut
Abstract
Pembelajaran dengan topik fiber optik sering terkendala dengan tidak adanya peralatan yang disediakan sekolah karena harganya yang relatif mahal. Augmented Reality (AR) adalah salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan media pembelajaran yang memungkinkan pengguna untuk melihat media yang tertanam dalam objek fisik atau terkait dengan lokasi tertentu di dunia nyata. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah merancang bangun media pembelajaran fiber optik berbasis Augmented Reality (AR) serta mengetahui tingkat kelayakannya untuk peserta didik SMK Negeri 1 Gambut kelas XI TKJ. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan 7 tahapan, yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Berdasarkan pengujian dari ahli media, ahli materi, guru,dan peserta didik diperoleh hasil sebagai berikut: Rata-rata skor dari ahli media adalah 4,66 dengan kategori “Sangat Baik”, rata-rata skor dari ahli materi adalah 4,2 dengan kategori “Sangat Baik”, rata-rata skor dari guru SMK Negeri 1 Gambut pada uji coba produk awal adalah 4,71 dengan kategori “Sangat Baik”, rata-rata skor dari perwakilan siswa pada uji coba produk awal adalah 4,03 dengan kategori “Sangat Baik”, rata-rata skor dari 25 siswa pada uji coba pemakaian adalah 4,29 dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan rata-rata skor yang sudah disebutkan, maka media pembelajaran fiber optik berbasis android dengan implementasi Augmented Reality (AR) dinyatakan “Layak” karena memenuhi skor kelayakan minimal.