Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin

  • Aufa Nabilla Pendidikan Teknologi Informasi STKIP PGRI Banjarmasin
  • Aufa Nabilla Pendidikan Teknologi Informasi STKIP PGRI Banjarmasin
  • Nonong Rahimah Pendidikan Teknologi Informasi STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: Model Discovery Learning, Pemprograman Dasar, Hasil Belajar

Abstract

Selama pembelajaran di SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin masih menggunakan model pembelajaran konvensional terutama untuk mata pelajaran Pemrograman Dasar pada saat proses pembelajaran berlangsung, banyak siswa yang pasif dan hanya mendengarkan saja. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemrograman Dasar masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan oleh pihak sekolah yaitu 75. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemrograman Dasar di SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ A di SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin yang berjumlah 33 orang. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran  Discovery Learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan analisis data mengenai hasil belajar penelitian menggunakan Discovery Learning dikelas X TKJ A bahwa 29 siswa dari 33 siswa atau 87,8% yang mencapai kategori di atas kategori baik dengan presentasi rata-rata nilai hasil belajar yaitu 80,91 dan telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning nilai presentase rata-rata hasil belajar dan ketuntasan klasikal yang didapat lebih baik.

Published
2022-12-14
Section
Articles
Abstract viewed = 20 times
PDF downloaded = 18 times