Analisis Buku Teks Pendidikan Agama Islam Kelas 3 SD

  • Winda Juliani NG STKIP PGRI Banjarmasin
  • Sa'adah Erliani STKIP PGRI Banjarmasin
  • Erni Susilawati STKIP PGRI Banjarmasin
  • Hj. Jumainah Hj. Jumainah STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: analisis, kemenarikan, buku teks

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang analisis buku pendidikan Agama Islam kelas 3 SD. Guru hanya menggunakan buku sebagai sumber utama dalam proses pembelajaran. Tujuan peneltian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan tentang kemenarikan isi buku dalam analisis buku ajar Agama Islam kelas 3 Sekolah dasar yang disusun oleh Achmad Hasim dan M. Khalid Fathoni, (2) mendeskripsikan tentang kekurangan yang ada di dalam Analisis buku Agama Islam kelas 3 Sekolah Dasar yang disusun oleh Achmad Hasim dan M. Khalid Fathoni. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kepustakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mentode analisis isi atau dokumen (content of document analysis). Sumber data dalam penelitian adalah buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 3 SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan teknik pustaka, baca, dan catat. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan kemenarikan dan kekurangan dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 3 SD. Data yang ditemukan dalam sumber bentuk kemenarikan buku berjumlah 9 judul dan kekurangan berjumlah 3 judul.

Published
2022-08-30
How to Cite
Juliani NG, W., Erliani, S., Erni Susilawati, & Hj. Jumainah, H. J. (2022). Analisis Buku Teks Pendidikan Agama Islam Kelas 3 SD. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan -- Edisi Khusus ISETA, 60-65. https://doi.org/10.33654/iseta.v1i0.1848
Abstract viewed = 550 times
PDF downloaded = 302 times

Most read articles by the same author(s)