Meta-analisis: Penerapan model blended learning dalam pembelajaran matematika selama masa pandemi

Meta-analysis: The implementation of blended learning in mathematics education during a pandemic

  • Melvania Mita Azhari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: meta-analisis, pembelajaran blended, pandemi

Abstract

Salah satu alternatif pembelajaran matematika selama masa pandemi yaitu dengan menggunakan pembelajaran blended. Agar dapat menggunakan pembelajaran blended dengan efektif, perlu diketahui variabel ataupun media pembelajaran yang cocok digunakan dengan pembelajaran blended. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kumpulan hasil penelitian yang berkaitan dengan model pembelajaran blended yang telah dilaksanakan selama masa pandemi yang ditinjau secara keseluruhan, ditinjau dari variabel terikat serta ditinjau dari media pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode meta-analisis terhadap 10 artikel penelitian yang dikumpulkan melalui Publish or Perish. Hasil temuan pada penelitian ini didapat bahwa: (1) secara keseluruhan pembelajaran blended mempengaruhi pembelajaran matematika siswa sebesar 2,19 kali, (2) variabel terikat yang dipengaruhi paling besar oleh pembelajaran blended adalah pemecahan masalah yaitu sebesar 4,55 kali, dan (3) media pembelajaran mendapat pengaruh paling besar dari pembelajaran blended merupakan online media yaitu sebesar 2,79 kali. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran blended sangat berpengaruh pada pembelajaran matematika serta efektif digunakan sebagai alternatif model pembelajaran yang dilakukan selama pandemi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Melvania Mita Azhari, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Raya Palka KM 3 Sindangsari, Serang, Indonesia

Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Raya Palka KM 3 Sindangsari, Serang, Indonesia

References

Amin, M. K., Isnani, I., & Paridjo, P. (2020). Meta Analisis Pengaruh Cooperative Learning terhadap Prestasi Belajar Matematika. PRISMA, 9(2), 221–233. https://jurnal.unsur.ac.id/prisma

Andriani, W., Subandowo, M., Karyono, H., & Gunawan, W. (2021). Learning Loss dalam Pembelajaran Daring di masa Pandemi Corona. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran: Pemberdayaan Teknologi Dalam Tatanan Multidisipliner Di Era 4.0, 484–501. http://snastep.com/proceeding/index.php/snastep/index

Asror, A. H. (2018). Meta-Analisis : PBL. PRISMA Prosiding Seminar Nasional Matematika, 508–513.

Glass, G. V. (1976). Primary, Secondary, and Meta-Analysis of Research. Educational Researcher, 5(10), 3–8.

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2021). Model-Model Pembelajaran Matematika. Bumi Aksara.

Istiningsih, S., & Hasbullah. (2015). Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen, 1(1), 49–56. https://doi.org/10.29408/jel.v1i1.79

Istiqomah, N., & Kusuma, A. B. (2019). Pembelajaran Blended Learning Matematika di Era Generasi Alpha. Prosiding Sendika, 5(1), 595–600. http://lpmpjogja.org/implementasi-

Johnson, D. W. (1981). Student-Student Interaction: The Neglected Variable In Education. Educational Researcher, 10(1), 5–10. https://doi.org/10.3102/0013189X010001005

Kifta, D. A., Riyanda, A. R., Simatupang, W., Muskhir, M., & Irfan, D. (2021). Analysis of the Effect of Blended Learning Model on Employee Class Students Learning Motivation. Jurnal Pendidikan MIPA, 22(2), 226–234. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v22i2.pp226-234

Li, A., Harries, M., & Ross, L. F. (2020). Reopening K-12 Schools in the Era of Coronavirus Disease 2019: Review of State-Level Guidance Addressing Equity Concerns. The Journal of Pediatrics, 227, 38–44.

Majidah, A. P., & Marlena, L. (2021). the Effect of Online Learning and Direct Face-To-Face To Mathematics Learning Achievement. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 157–170. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol6no2.2021pp157-170

Maulana, A., & Nindiasari, H. (2022). Pengaruh metode pembelajaran pada masa pembelajaran tatap muka terbatas terhadap minat dan motivasi belajar matematika siswa SMK. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 4(2021), 74–86.

Nur, A. S. (2021). Potret Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(1), 27–35. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss1pp27-35

PeranginAngin, R. B., Panjaitan, S., Hutauruk, A., Manik, E., & Tambunan, H. (2021). Arah dan Trend Penelitian Pendidikan Matematika di Jurnal Riset Pendidikan Matematika (JRPM). Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 49–62. https://doi.org/10.30736/voj.v3i1.340

Purnamasari, S., Turmudi, T., & Juandi, D. (2023). Studi Meta-Analisis: Pengaruh Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 16(2), 202–216.

Ramdhani, T., Suharta, I. G. P., & Sudiarta, I. G. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbantuan Schoology untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(2), 63–68.

Regional Educational Laboratory. (2021). Effect Size Basics: Understanding the Strength of a Program’s Impact. In Evidence Use in Education. https://ies.ed.gov/ncee/edlabs/regions/west/

Retnawati, H., Apino, E., Kartianom, Djidu, H., & Anazifa, R. D. (2018). Pengantar Analisis Meta (Issue July). Parama Publishing.

Rohmawati, A., Holisin, I., & Kristanti, F. (2021). Model Pembelajaran Blended Learning: Kajian Meta-Analisis. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1453–1464. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1453-1464

Rosidah, I., Holisin, I., & Shoffa, S. (2022). Meta Analisis: Model Pembelajaran Matematika Hybrid Learning di Masa Pandemi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 15(2), 258–274.

Saefiana, S., Sukmawati, F. D., Rahmawati, R., Rusnady, D. A. M., Sukatin, S., & Syaifuddin, S. (2022). Teori Pembelajaran dan Perbedaan Gaya Belajar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 150–158. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3976

Santi, L. M. (2020). Implementasi Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning di Sekolah Menengah Pertama (Kajian Meta Analisis). In repository.upi.edu.

Santosa, C. A. H. F., Rafianti, I., & Yulistiany, D. (2022). Worked-Example Method on Mathematical Problem-Solving Ability in term of Students’ Initial Ability. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 13(2), 210–220. https://doi.org/10.15294/kreano.v13i2.33301

Supriadi, N., Pratiwi, D. D., & Yulianti, I. (2021). Analisis Perangkat Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 34 Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 5(2), 200–211.

Uyun, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Blended Learning. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(1), 195–199. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i1.3064

Published
2023-12-30
How to Cite
Azhari, M. M., & Santosa, C. A. H. F. (2023). Meta-analisis: Penerapan model blended learning dalam pembelajaran matematika selama masa pandemi. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 519-528. https://doi.org/10.33654/math.v9i3.2488
Abstract viewed = 44 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 40 times