IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KULTUR SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Implementasi pendidikan karakter melalui kultur sekolah di sekolah dasar sangat penting supaya dalam proses pendidikan karakter pada anak-anak memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional, spiritual, dan kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi berbagai strategi yang dilakukan sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan karakter melalui kultur sekolah di Sekolah Dasar (SD). Desain penelitian ini merupakan sebuah penelitian studi kasus. Partisipan penelitian ini adalah guru dan siswa di SD Wonosobo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kultur sekolah merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam proses internalisasi nilai karakter di sekolah. Beberapa strategi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter melalui kultur seperti adanya kegiatan rutin, kegiatan spontan, pemodelan, pengajaran, dan penguatan lingkungan sekolah. Upaya implemantasi pendidikan karakter tidak terlepas dari keteladanan kepala sekolah, guru, karyawan, dan siswa yang saling bersinergi dalam menciptakan kultur sekolah yang positif.