IMPLEMENTASI KURIKULUM SEKOLAH DASAR BERBASIS ISLAM TERPADU

  • Hotman Sugeng Ritonga
  • Ana Fitrotun Nisa
  • Banun Havifah Cahyo Khosiyono

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan implementasi kurikulum berbasis islam terpadu di Sekolah Dasar (SD). Metode penelitian merupakan sebuah penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Partisipan penelitian ini adalah guru di SD IT MH. Teknik analisis data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum pada sekolah dasar islam terpadu diinternalisasikan pada setiap proses pembelajaran dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. SD IT MH memberikan pelayanan pendidikan serta mengembangkan keterampilan, minat dan bakat anak melalui Program Ekstra kurikuler. Program Ekstra kurikuler diantaranya adalah Pramuka dan Pencak silat. SD IT MH juga sangat mengedepankan nilai-nilai keislaman melalui kegiatan-kegiatan Baca Tulis AlQur”an, Hafalan Hadist, Bahasa Arab, Doa Harian, Salat Dhuha, Sholat Berjamaah, Peringatan Hari Besar Islam.

Published
2022-02-14
How to Cite
Hotman Sugeng Ritonga, Ana Fitrotun Nisa, & Banun Havifah Cahyo Khosiyono. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM SEKOLAH DASAR BERBASIS ISLAM TERPADU . Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 1, 85-90. Retrieved from https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/1570
Abstract viewed = 230 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 561 times