IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LIFE SKILL UNTUK SISWA DI SEKOLAH DASAR

  • Novita Freshka Uktolseja
  • Banun Havifah Cahyo Khosiyono

Abstract

Banyak kasus orang tua di Indonesia yang memberikan kenyamanan hidup bagi anaknya dengan segala bantuan dan fasilitas. Hal ini menyebabkan pembentukan karakter anak menjadi kurang mandiri, kurang daya juang, dan kurang siap menghadapi tantangan sehingga berakibat buruk untuk masa depan mereka. Oleh karena itu, Life skill sangat penting diajarkan pada anak sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pendidikan life skill pada siswadi SD. Desain penelitian ini merupakan sebuah penelitian studi kasus. Partisipan penelitian ini adalah siswa dan orang tua siswa di sebuah SD Belitung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah model 4-H (heart, hand, head, health) Targetting Life Skills dapat membantu orang tua untuk implementasi pendidikan life skill pada anak-anak mereka. Orang tua siswa telah mengajarkan life skill terhadap anak-anak mereka sejak dini dan menghadapkan sekolah dapat bekerjasama terkait implementasi life skill di SD.

Published
2022-02-14
How to Cite
Novita Freshka Uktolseja, & Banun Havifah Cahyo Khosiyono. (2022). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LIFE SKILL UNTUK SISWA DI SEKOLAH DASAR . Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 1, 131-135. Retrieved from https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/1572
Abstract viewed = 234 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 676 times