ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN IPA DI SDN PULAU KARYA PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Kegiatan pembelajaran saat pandemi Covid-19 seringkali terdapat beberapa kendala namun sekolah tetap mencari alternatif agar kegiatan pembelajaran dapat dilakukan walaupun tidak secara maksimal. Oleh sebab itu, penulis bermaksud untuk melakukan penelitian untuk mengetahui kendala pembelajaran di sekolah SDN Pulau Karya selama masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus yang dilakukan dengan pengisian angket. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa, guru, dan kepala sekolah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa, guru,dan kepala sekolah memiliki kesulitan dalam pelaksaan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 ini,namun kendala tersebut dapat diatasi dengan melakukan pembelajaran luring, yaitu dengan mendatangi ke rumah-rumah siswa secara langsung untuk memberikan pembelajaran. Alternatif pembelajaran disaat pembelajaran daring tidak dapat dilakukan sepenuhnya, sekolah juga melakukan pembelajaran secara luring dengan cara pemberian tugas secara langsung ke rumah siswa. Siswa, guru, dan kepala sekolah juga sepakat untuk menyetujui kegiatan pembelajaran dilakukan secara tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.