PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MELALUI PENERAPAN METODE PERMAINAN EDUKATIF DI SDN MUARA ULANG DAN SDN 1 SEI LUNUK
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan pembangunan suatu bangsa. Oleh karena itu, hasil belajar siswa harus ditingkatkan agar mereka dapat menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dicapai melalui berbagai faktor, salah satunya adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah metode permainan edukatif. Metode permainan edukatif adalah suatu metode pembelajaran yang menggunakan permainan sebagai sarana belajar. Metode ini dirancang secara khusus untuk memotivasi siswa dan membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Dengan pembelajaran yang menyenangkan maka hasil belajar juga akan meningkat. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar melalui penerapan metode permainan edukatif. Jenis penelitian ini ialah PTK dengan dua siklus. Penelitian dilaksanakan pada dua sekolah dasar, yaitu SDN Muara Ulang dan SDN 1 Sei Lunuk. Siswa yang menjadi subjek penelitian ialah siswa kelas III. Penelitian ini dibatasi hanya untuk memperlihatkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif dari tes awal ke tes akhir yang diambil dari nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal. Hasil tes menunjukkan peningkatan nilai rata-rata pada kedua sekolah, namun peningkatan pada SDN Muara Ulang lebih signifikan. Pada Siklus I, ada perbedaan hasil ketuntasan klasikal di antara kedua sekolah, namun pada Siklus II, keduanya berhasil mencapai indikator ketuntasan klasikal ≥ 85%. Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi sekolah dalam merancang upaya perbaikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan.