Penerapan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XA Pada Materi Perubahan Lingkungan di SMA Negeri 10 Banjarmasin

  • Novita Alviona Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Kalimantan
  • Abidinsyah Abidinsyah Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Kalimantan
  • Syahbudin Syahbudin Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Kalimantan
Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar, Discovery Learning

Abstract

Diketahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi memiliki beberapa  kelemahan, yaitu  hasil  belajar  siswa  masih  rendah  dimana  50%  siswa  belum  mencapai ketuntasan     klasikal (nilai ketuntasan klasikal 75), dan ada beberapa siswa sulit untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru. Sehingga perlu ada perbaikan strategi pembelajaran yang salah satunya dengan menerapkan model Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, meningkatkan aktivitas siswa, mengetahui bagaimana keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan mengetahui bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran pada materi perubahan lingkungan di SMA Negeri 10 Banjarmasin dengan menggunakan model Discovery Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) subjek penelitian ini adalah siswa kelas XA SMA Negeri 10 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 36 orang, 18 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes hasil belajar, observasi, dan angket respon siswa. Hasil penelitian dalam penerapan model Discovery Learning pada Materi Perubahan Lingkungan, antara  lain: (1) Dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada tes postes pada siklus 1 pertemuan 1 dan pertemuan 2 diperoleh hasil persentase 46,66% dan 60.60%. Pada siklus II pada tes postes sudah mengalami peningkatan pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 diperoleh hasil persentase 78,57% dan 100%; (2) Aktivitas siswa dalam penelitian ini pada siklus I pertemuan I dan pertemuan 2 diperoleh hasil persentase 40.55% (pasif) dan 54.48% (cukup pasif) dan pada siklus II pertemuan I dan pertemuan 2 diperoleh hasil persentase 70.08 (aktif) dan 77.07% (aktif); (3) Keterlaksanaan proses pembelajaran oleh guru dalam kegiatan mengajar dengan penerapan model Discovery Learning pada siklus I pertemuan I dan pertemuan 2 diperoleh hasil persentase 73,52% (cukup baik) dan 82,35% (baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan I dan pertemuan 2 yaitu diperoleh hasil persentase 86,76 (baik) dan 98,52 (sangat baik); (4) Respon siswa kelas XA SMA Negeri 10 Banjarmasin terhadap pelaksanaan dalam pembelajaran dengan menerapkan model Descovery Learning pada materi Perubahan Lingkungan mendapatkan respon 100% (sangat positif).

References

Anisa, N., Anisa, A., & Irmawanty, I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Fungi. Binomial, 4 (1), 26-37.

Elkhaira, U., & Reinita, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Portofolio di Kelas V Sd. Jurnal Cerdas Proklamator, 8 (1), 10-18.

Ikalor, A., Jamaluddin, J., & Rasmi, DAC. (2019). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia , 1 (2), 153-161.

Istafada, I. (2021). Media Potbangtar Meningkatkan Hasil Belajar Menghitung Luas Bangun Datar pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 71-90.

Fajri, Z. (2019). Model pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ika PGSD (Ikatan Alumni Pgsd Unars, 7(2), 64-73.

Hidayat, R. N., Rasyid, A., & Muminah, I. H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 4, pp. 211-219).

Kemilawati, D. (2023). Penerapan Model Discovery Learning dalam Peningkatkan Pemahaman Keteladanan Rasulullah Siswa Kelas X Sman 3 Buntok. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 3(1).

Khasinah, S., (2021) "Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan." Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 11.3 : 402-413.

Mahmudi, I., Atholilah, M. Z., Wicaksono, E. B., & Kusumu, A. R, (2022). “Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom”. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3507-3514.

Mahmud, I. C., (2019). Hubungan Motivasi Dan Aktivitas Belajar dengan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Gugus Kuda Laut Kecamatan Semarang Utara. Skripsi. UNNES.

Nafi`ah, L. (2023). Penerapan Model Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Prcahan Kelas V Mi Bilingual Al-Islam Sukomoro. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 3(1).

Octavia, S. A., (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Puspitasari, Yesi, dan Siti Nurhayati. (2019) "Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa." Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 7.1 : 93-108.

Reinita, R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn di Kelas V SDN 02 Aur Kuning Bukittinggi. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 13-24.

Rifani, E. M,. (2019). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 16 Hulu Sungai Tengah Pada Materi Pemasan Global.Skripsi.STKIP PGRI Banjarmasin.

Sadieda, L. U., Wahyudi, B., Kirana, R. D., Kamaliyyah, S., & Arsyavina, V. (2022). Implementasi model blended learning pada pembelajaran matematika berbasis kurikulum merdeka. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 7(1), 55-72.

Susanti, D., Anwar, C., Putra, FG, Afandi, K., & Widyawati, S. (2020). "Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Tipe Poe Dan Aktivitas Belajar Terhadap Kemampuan Metakognitif." INOMATIKA 2.2 : 93-105.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Media Nusa Creative (MNC) Publishing.

Tanhara, A., & Dwiastuti, SR (2023). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9 (2), 2352-2361.
Published
2023-12-06
How to Cite
Alviona, N., Abidinsyah, A., & Syahbudin, S. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XA Pada Materi Perubahan Lingkungan di SMA Negeri 10 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional MIPATI, 2(1), Hal 381-397. Retrieved from https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/mipati/article/view/2631
Abstract viewed = 46 times
PDF downloaded = 27 times