PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPS MUHAMMADIYAH KUALA KAPUAS
Abstract
Melalui observasi awal yang peneliti lakukan di SMPS Muhammadiyah Kuala Kapuas diketahui bahwa hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA masih rendah dan belum mencapai ketuntasan kriteria minimum (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 70 dengan ketuntasan klasikal 85%. Rendahnya hasil belajar siswa terjadi karena siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar, ketika guru menjelaskan materi pelajaran siswa justru sibuk berbicara dengan teman sebangkunya. Sehingga perlu adanya perbaikan strategi pembelajaran yang salah satunya dengan menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa, hasil belajar, kinerja guru pada proses pembelajaran dan mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang di laksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPS Muhammadiyah Kuala Kapuas dengan jumlah siswa 26 orang. Data dikumpulkan melalui post-test, observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa menggunakan model Problem Based Learning: (1) meningkatnya hasil belajar kognitif siswa pada post-test siklus I pertemuan 1 dan pertemuan 2 dengan ketuntasan klasikalnya 65,38% menjadi 76%. Pada siklus II hasil post-test pertemuan 3 dan pertemuan 4 dengan ketuntasan klasikalnya 92% menjadi 96%. (2) Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 dan pertemuan 2 dengan persentase 64,06% menjadi 71,87%, dan mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan 3 dan pertemuan 4 dengan persentase 82,81% menjadi 84,37%. (3) Kinerja Guru saat pembelajaran pada siklus I pertemuan 1 dan pertemuan 2 dengan persentase yang sama yaitu 88,88%, mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan 3 dan pertemuan 4 yaitu 91,66% menjadi 98,61%. Respon positif terhadap semua pertanyaan mengenai keseluruhan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi sistem ekskresi dengan jumlah 25 siswa, yaitu yang menjawab Ya sebanyak 81,6% sangat setuju sedangkan yang menjawab Tidak sebanyak 18,4% sangat tidak setuju.
References
Vol. 4(2). ISSN: 2527-9939.
Amna, Nurul. (2022) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (BLl) Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Smp Negeri 1 Teunom.Skripsi. Unversitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam – Banda Aceh
Arsyad, B., & Saleh, S. R. (2022). Desain Instrumen Penilaian Ranah Psikomotorik pada Pembelajaran Bahasa Arab. JAEL: Journal of Arabic Education and Linguistic, 2(2), 53-63.
Elkhaira, U., & Reinita, R. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARARAN TEMATIK TERPADU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO DI KELAS V SD. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(1), 10-18.
Hidayat, R. N., Rasyid, A., & Muminah, I.H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 4, pp. 211-219).
Hotimah, Husnul (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning.
Indrawati, Farah, and Leny Hartati. "Pelatihan Aplikasi Belajar Berbasis Kuis dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa." E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 12.1 (2021): 67-73.
Khairiyah, U. (2019). Respon siswa terhadap media dakon matika materi KPK dan FPB pada siswa kelas IV di SD/MI Lamongan. Jurnal studi kependidikan dan keislaman, 5(2), 197-204.
Kolo, Elfrida. dkk 2021. PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ARITMETIKA SOSIAL. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 2
Mardiana, M., Deswita, H., & Isharyadi, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP N 3 Rambah. Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 180–187. https://doi.org/10.30606/absis.v2i2.390.
Mahmudi, I., Atholilah, M. Z., Wicaksono, E. B., & Kusumu, A. R, (2022). “Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom”. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3507-3514.
M. Hidayatullah (2020) “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam materi pembelajaran system Ekskresi Pada Manusia Kelas VIII SMP NEGERI 2 Hulu Sungai Tengah.Skripsi.STKIP PGRI Banjarmasin.
Nabillah, Tasya, and Agung Prasetyo Abadi. "Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa." Prosiding Sesiomadika 2.1c (2020).
Nafi`ah, L. (2023). Penerapan Model Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Prcahan Kelas V Mi Bilingual Al- Islam Sukomoro. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 3(1).
Resto, Rego. (2021) Problembased Learning VS Sains Teknologi Dalam Meningkatkan Intelektual Siswa. Indramayu: Adap CV Adanu abimata.
Rifani, E. M., (2019). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 16 Hulu Sungai Tengah Pada Materi Pemasan Global.Skripsi.STKIP PGRI Banjarmasin.
Riyan Adi (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Melalui Penerapan Problem Based Learning di SMP Negeri 8 Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Rosyid, Moh. Zaiful, dkk. 2019. Prestasi Belajar. Jawa Timur : Literasi Nusantara.
Widya, Dhea, U. (2021) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tungkal Ulu. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Yanti dan widya. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Karakteristik Peduli Lingkungan dan Literasi Sains. Yogyakarta:Deepublish CV Budi utama.
Zuriati, E., & Astimar, N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas IV SD ( Studi Literatur ). 4, 2071–2082