MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PBL PADA PEMBELAJARAN EKOSISTEM DAN PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X-H MAN 2 KOTA BANJARMASIN
Abstract
Peserta didik kelas X-H di MAN 2 Kota Banjarmasin berdasarkan pada pengamatan terhadap peserta didik dan berbicara dengan seorang guru Biologi tentang apa yang mereka pelajari di kelas. Mereka memiliki rata-rata hasil belajar yang masih rendah dari pada KKM 75 dengan ketuntasan klasikal 85%). Penelitian ini bertujuan yaitu: (1) Untuk meningkatkan aktivitas peserta didik kelas X-H MAN 2 Kota Banjarmasin dalam pembelajaran biologi ekosistem dan perubahan lingkungan dengan menggunakan model PBL. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X-H MAN 2 kota Banjarmasin dalam pembelajaran biologi ekosistem dan perubahan lingkungan dengan model pembelajaran PBL. (3) Untuk mengetahui aktivitas guru kelas X-H MAN 2 kota Banjarmasin dalam pembelajaran biologi ekosistem dan perubahan lingkungan dengan menggunakan model pembelajaran PBL. (4) Untuk mengetahui respon peserta didik kelas X-H MAN 2 Kota Banjarmasin dalam pembelajaran biologi ekosistem dan perubahan lingkungan menggunakan model pembelajaran PBL. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK),Subjek penelitian adalah peserta didik dan Guru di MAN 2 Kota Banjarmasin kelas X-H. Lembar observasi, lembar tes, dan kuesioner tanggapan digunakan sebagai metode pengumpulan data. Kegiatan siswa, hasil belajar peserta didik, kegiatan guru, dan tanggapan peserta didik digunakan sebagai pendekatan analisis data. Hasil pengamatan aktivitas pembelajaran peserta didik berdasarkan siklus I dan siklus II mengalami peningkatan.Pada siklus I 62,54 % dan siklus II 99,33%. Hasil belajar peserta didik berdasarkan siklus I pertemuan 1 dan pertemuan 2 mengalami peningkatan dimana secara klasikal untuk pretes siklus I Pertemuan 1 9,0% dan posttest 1 pertemuan 1 menjadi 15% kategori kurang sekali.Pada siklus I pertemuan 1 pretest 21% dan postest 27% dengan kategori kurang. Aktivitas guru dan proses keterlaksanaan Aktivitas peserta didik pada siklus I 79,41% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 95,98%. Sedangkan pada penelitian siklus II mengalami peningkatan pada pertemuan 1 94,11% dan pertemuan 2 sebesar 100%.Hasil respon pada kegiatan pembelajaran dengan model Problem Based Learning, dapat memberi respon positif dengan mendapat hasil presentase 76,96%.
References
Elkhaira, U., & Reinita, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Portofolio di Kelas V Sd. Jurnal Cerdas Proklamator, 8 (1), 10-18.
Ikalor, A., Jamaluddin, J., & Rasmi, DAC (2019). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia , 1 (2), 153-161.
Istafada, I. (2021). Media Potbangtar Meningkatkan Hasil Belajar Menghitung Luas Bangun Datar pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 71-90.
Fajri, Z. (2019). Model pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd Unars, 7(2), 64-73.
Hidayat, R. N., Rasyid, A., & Muminah, I. H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 4, pp. 211-219).
Kemilawati, D. (2023). Penerapan Model Discovery Learning dalam Peningkatkan Pemahaman Keteladanan Rasulullah Siswa Kelas X Sman 3 Buntok. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 3(1).
Khasinah, S., (2021) "Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan." Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 11.3 : 402-413.
Mahmudi, I., Atholilah, M. Z., Wicaksono, E. B., & Kusumu, A. R, (2022). “Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom”. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3507-3514.
Mahmud, I. C., (2019). Hubungan Motivasi Dan Aktivitas Belajar dengan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Gugus Kuda Laut Kecamatan Semarang Utara. Skripsi. UNNES.
Nafi`ah, L. (2023). Penerapan Model Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Prcahan Kelas V Mi Bilingual Al-Islam Sukomoro. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 3(1).
Octavia, S. A., (2020). Model-Model Pembelajaran. (Yogyakarta: CV.Budi utama).
Puspitasari, Yesi, dan Siti Nurhayati. (2019) "Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa." Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 7.1 : 93-108.
Reinita, R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn di Kelas V SDN 02 Aur Kuning Bukittinggi. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 13-24.
Rifani, E. M., (2019). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 16 Hulu Sungai Tengah Pada Materi Pemasan Global.Skripsi.STKIP PGRI Banjarmasin.
Sadieda, L. U., Wahyudi, B., Kirana, R. D., Kamaliyyah, S., & Arsyavina, V. (2022). Implementasi model blended learning pada pembelajaran matematika berbasis kurikulum merdeka. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 7(1), 55-72.
Susanti, D., Anwar, C., Putra, FG, Afandi, K., & Widyawati, S. (2020) "Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Tipe Poe Dan Aktivitas Belajar Terhadap Kemampuan Metakognitif." INOMATIKA 2.2 : 93-105.
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Tanhara, A., & Dwiastuti, SR (2023). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9 (2), 2352-2361.