STUDI LITERATUR: KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan kemampuan siswa yang sangat penting karena siswa perlu memiliki kemampuan berpikir secara ilmiah, kreatif dan aktif di dalam proses pembelajaran, sehingga siswa akan lebih cenderung untuk mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, mandiri, percaya diri maupun berani dalam mengambil keputusan dalam memecahkan masalah yang diberikan. Namun, faktanya dalam dari hasil studi dan penilaian yang dilansir oleh The Global Creativity Index (GCI) tahun 2015 Indonesia berada di peringkat
115 dari 139 negara dan Trends In International Mathematics and Science Study (TIMSS) pada tahun 1999, 2003, 2007 dengan hasil tidak menunjukan banyak perubahan pada setiap keikutsertaan. Oleh sbab itu, diperlukan peningkatan dalam kemampuan berpikir kreatif matematis. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji serta mengidentifikasi terkait keseluruhan hasil penelitian yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif matematis yang ditinjau dari self confidence. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Systematic Literatur Review (SLR). Pengumpulan data berupa artikel yang diterbitkan pada tahun 2018-2023. Artikel yag digunakan dalam penelitian ini yaitu 8 artikel yang diperoleh melalui bantuan aplikasi Publish or Perish. Peneliti telah mengidentifikasi, dan temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa adanya perbedaan dalam tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari self confidence.
References
Amelia, R., Aripin, U., & Hidayani, N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1143. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1143-1154
Barricelli, B. R., Cassano, F., Fogli, D., & Piccinno, A. (2019). End-user development, end- user programming and end-user software engineering: A systematic mapping study. Journal of Systems and Software, 149, 101–137. https://doi.org/10.1016/j.jss.2018.11.041
Dalilan, R., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Confidence. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 141–150. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1585
Desi Sukenti. (2018). PENGEMBANGAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWADENGAN PENGUATAN KEPECAYAAN DIRI. 6(Juny).
Ernitasari, A. O., Susanto, Safrida, L. N., Sunardi, Ervin, & Oktavianingtyas. (2022). KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SEGIEMPAT DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE. 5(5), 1231–1242. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.1231-1242
Eviliasani, K., Hendriana, H., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 1(3), 333–346. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.333-346
Hayati, K. Q. M., Fitraini, D., Nurdin, E., & Irma, A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tambang Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Tarbiyah Suska Conference Series, 41–50. https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/TSCS/article/view/93
Iis Trisnawati, Wulan Pratiwi, Puji Nurfauziah, R. M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA pada Materi trigonometri Ditinjau dari Gender Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(3), 383–394. https://doi.org/10.33387/jpgm.v2i3.5151
Kozlowski, J. S., Chamberlin, S. A., & Mann, E. (2019). Factors that Influence Mathematical Creativity Let us know how access to this document benefits you . The Mathematics Enthusiast, 16(1), 505–539.
Masfufah, S. H., Winarsih, P., & Kadarisma, G. (2018). HUBUNGAN SELF CONFIDENCE TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MTs. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 895. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p895-902
Muhamad Arfan Andiyana, Rippi Maya, W. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 1(3), 239–248. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i2.5609
Resiyana, K., & Hendriana, B. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Pada Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Peserta Didik. Jurnal Education and Development,9(3),163–169. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/ 2782%0Ahttps://journal.ipts.ac.id/ind ex.php/ED/article/download/2782/1807
Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 275–290. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1261
Rozi, F. A., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis Peserta Didik. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 172–185.
Safitri, D., Studi, P., Matematika, P., Tidar, U., Magelang, K., & Tengah, J. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII Ditinjau dari Kepercayaan Diri. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 23–33. https://doi.org/10.31002/mathlocus.v2i1.1513
Sari, M. R., & Ekayanti, A. (2022). Pengembangan Soal Tipe TIMSS Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VIII. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(11), 1659–1668. https://bajangjournal.com/index.php/ JOEL/article/view/2706
Silver, E. A. (1997). Fostering creativity through instruction rich in mathematical problem solving and problem posing. Zentralblatt Für Didaktik Der Mathematik, 29(3), 75–80. https://doi.org/10.1007/s11858-997-0003-x
Thovawira, F. A., Safitri, I., Supartik, S., Sitompul, N. N. S., & Anggriyani, I. (2021). Systematic Literature Review: Implementasi Pendekatan Stem (Manfaat Dan Tantangan) Di Indonesia. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 355–371. https://doi.org/10.31100/histogram.v4i2.682