Systematic Literature Review : Kemampuan Representasi Matematis Pada Model Discovery Learning Rentang Tahun 2018-2023
Abstract
Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa, namun pada kenyataannya kemampuan representasi matematis siswa masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil TIMSS, Indonesia berada pada peringkat 44 dari 49 negara yang mengikuti tes. Salah satu soal yag diujikan mencakup pengetahuan kognitif serta kemampuan representasi. Sehingga perlu upaya untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR). Tahapan SLR yaitu planning, conducting, serta reporting. Peneliti mencari, menelaah, serta menggabungkan beberapa penelitian yang relevan dengan topik. Hasilnya, peneliti mengumpulkan 8 artikel dari database Google Scholar, Crossref, dan Scopus menggunakan Publish or Perish. Hasil yang didapat yaitu penggunaan model Discovery Learning efektif meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian kemampuan representasi matematis menggunakan Discovery Learning banyak dilakukan di SMP, serta jumlah publikasi terbanyak pada tahun 2019. Selain itu juga terdapat hubungan antara langkah-langkah dalam pembelajaran Discovery Learning dengan indikator kemampuan representasi matematis yaitu indikator membuat gambar untuk memperjelas masalah, menyelesaikan masalah dari ekspresi matematis, membuat persamaan atau ekspresi matematis dari representasi lain, serta menjawab soal dengan menggunakan kata-kata atau teks tertulis.
References
Diba, S. F., Bharata, H., & Widyastuti, W. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG, 6(3).
Firyal, A. S., & Tina, S. S. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa antara yang Mendapatkan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 265–274.
Hidayati, N., Usodo, B., & Subanti, S. (2020). Capability analysis of student mathematical representation viewed from self-regulated learning. Journal of Physics: Conference Series,
1469(1), 012147.
Kamilah, S. R., Budilestari, P., & Gunawan, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK. INTERMATHZO, 4(2), 70–77.
Maharani, D., Gunowibowo, P., & Wijaya, A. P. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(6), 717–727.
Margareta, S., Prihatiningtyas, N. C., & Husna, N. (2022). MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 13(2), 61–68.
Maryati, I., & Suryaningsih, F. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri. Prisma, 10(2), 244–254.
Noviyanto, W. Y., & Wardani, N. S. (2020). Meta Analisis Pengaruh Pendekatan Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Tematik Muatan IPA. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 1–7.
Polanin, J. R., Maynard, B. R., & Dell, N. A. (2017). Overviews in education research: A systematic review and analysis. Review of Educational Research, 87(1), 172–203.
Principles, N. (2000). standards for school mathematics, NCTM. Reston, VA.
Ramdhani, M. R., Usodo, B., & Subanti, S. (2017). Student’s mathematical understanding ability based on self-efficacy. Journal of Physics: Conference Series, 909(1), 012065.
Saadah, H., Waluya, S. B., & Isnarto, I. (2022). Adversity Quotient siswa dan guru pada pembelajaran matematika: systematic literature review. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(2), 248–263.
Sandy, S., Asnawati, R., & Caswita, C. (2019). Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG, 7(2).
Sari, F. N. I., Darma, Y., & Dafrita, I. E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Integrasi Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dalam Materi Refleksi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(2), 281–289.
Septian, A., Setiawan, E., & Noersapitri, Y. (2023). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Menggunakan GeoGebra. Jurnal Padegogik, 6(1), 1–9.
Sholehah, N. A., Yulianti, K., Gulvara, M. A., Kurniawan, S., & Rofi’ah, N. (2023). Kemampuan representasi matematis siswa: Systematic literature review. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(4), 1391–1408.
Sidabutar, A., Rajagukguk, W., & Fauzi, A. (2022). Differences in Students Mathematical Representation Ability Taught with Problem Based Learning Model and Missouri Mathematics Project in Class X High School Students. Proceedings of the 7th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership, AISTEEL 2022, 20 September 2022, Medan, North Sumatera Province, Indonesia.
Sinambela, P. N. J. M. (2017). Kurikulum 2013 dan implementasinya dalam pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2).
Villegas, J. L., Castro, E., & Gutiérrez, J. (2009). Representations in problem solving: A case study with optimization problems.
Widari, R. P., Harun, L., & Istianah, N. (2023). Penerapan Discovery Learning Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK. Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika), 5(2), 110–121.
Yadi, H. F. Y., & Nirwana, H. (2022). Discovery Learning Sebagai Teori Belajar Populer Lanjutan: Array. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 234–245.