Systematic Literature Review : Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Matematika
Abstract
Kemampuan literasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang dikembangkan di abad 21. Berdasarkan hasil survei PISA tahun 2018 Indonesia memperoleh skor 379 yang mana perolehan skor ini masih berada di bawah skor rata-rata Internasional yaitu 489. Sehingga temuan tersebut menjadi suatu fokus dimana kemampuan literasi matematika siswa perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan literasi matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan yaitu systematic literature review dengan tahapan planning, conducting, dan reporting. Pengumpulan data dilakukan dengan mereview 15 artikel yang berasal dari google scholar, crossref, dan semantic scholar melalui aplikasi publish or perish dengan rentang waktu 2018 sampai 2023. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi matematika siswa. Semakin tinggi motivasi belajar siswa maka akan semakin tinggi pula kemampuan literasi matematis siswa. Sebaliknya jika motivasi belajar siswa rendah maka kemampuan literasi matematis siswa juga rendah.
References
Amelia, I., Pujiastuti, H., Fathurrohman, M., Santosa, C. A. H. F., & Fatah, A. (2023). Systematic Literatur Review: Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 811–818. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1281
Baidawi, A. M., Fitriyah, L. M., & Minggani, F. (2023). Hubungan Kecerdasan Logis dan Literasi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 2 Arjasa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika (JIPM), 4(2), 97–104. https://doi.org/10.36379/jipm.v4i2.391
Daniel, F., & Babys, U. (2020). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 335–345.
Ega, A., Nurrawi, P., Zahra, A. T., Aulia, D., Greis, G., & Mubarok, S. (2023). Motivasin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. PLUSMINUS, 3(1), 29–38.
Fatchurrohman, M., & Rosyida, I. (2022). Peran Motivasi Belajar Terhadap Literasi Matematika pada Peserta Didik Kelas VII Pendahuluan. 6(2), 342–354.
Harefa, A. D., Lase, S., & Zega, Y. (2023). Hubungan Kecemasan Matematika Dan Kemampuan Literasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 144–151. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.96
Jannah, M., Rahayu, D. S., & Wulan, E. R. (2022). Profil Literasi Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prestasi Belajar Matematika. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 5(1), 62–77. https://doi.org/10.30762/f_m.v5i1.618
Julyanti, E. V. A., Rahma, I. F., Candra, O. D. W. I., & Nisah, H. (2021). SEKOLAH MENENGAH PERTAMA THE EFFECT OF MOTIVATION ON STUDENT ’ S LEARNING OUTCOMES IN FIRST HIGH SCHOOL. 7(1), 7–11.
Madyaratri, D. Y., Wardono, & Prasetyo, A. P. B. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning dengan Tinjauan Gaya Belajar. Prisma, Prosicing Seminar Nasional Matematika, 2, 648–658. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29213
Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. (2020). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK. SPEJ(Science and Phsics Education Journal), 3(2), 57.
Nugroho, R., & Warmi, A. (2022). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMPN 2 TIRTAMULYA. EduMathSains, 6(2), 407–418.
Prabawati, R., Yanto, Y., & Mandasari, N. (2019). Pengembangan LKS Berbasis PMRI Menggunakan Konteks Etnomatematika pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 2(2), 73–79. https://doi.org/10.31539/judika.v2i2.870
Rahman, S. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, November, 289–302.
Santia, I. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Berdasarkan Motivasi
Belajar Siswa. JIPMat, 3(2), 81–85. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2748
Widi Priyonggo, H., & Sri Noor Asih, T. (2021). Mathematics Literacy Skill on Problem Based Learning Assisted by E-Module Agito Based on Learning Motivation. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 10(1), 2021–2055. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme