Keefektifan strategi konflik kognitif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis

  • Inggrid Marlissa Universitas Musamus Merauke
  • Kamariah Kamariah Universitas Musamus Merauke
Kata Kunci: strategi konflik kognitif, kemampuan berpikir kritis

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran strategi konflik kognitif dalam pembelajaran yang ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang populasinya mencakup seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Merauke yang terdiri dari enam kelas. Dari enam kelas tersebut, kelas X MIPA 1 dipilih secara acak sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dengan instrumen untuk mengumpulkan data meliputi soal tes kemampuan berpikir kritis. Untuk melihat keefektifan dari strategi konflik kognitif dalam pembelajaran menggunakan uji univariat. Uji univariat yang digunakan adalah uji t satu sampel. Hasil penelitian pada taraf  5% menunjukkan bahwa pembelajaran dengan strategi konflik kognitif efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan tingkat kemampuan berpikir kritis berada pada kategori sedang.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Baser, M. (2006). Fostering conceptual change by cognitive conflict based instruction on students understanding. European Journal of Mathematics Science and Technology Education, 2, 96-114

Basir, F dan Karmila. (2015). Keefektifan Strategi Konflik Kognitif terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Prosiding, Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Cokroaminoto Palopo. Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo.

Depdiknas. (2006). Peraturan menteri pendidikan nasional RI Nomor 23 tahun 2006 tentang standar kompetensi kelulusan.

de Walle, J.A.V. (2008). Matematika sekolah dasar dan menengah (Terjemahan Suyono). Boston, MA: Pearson Education, Inc. (Buku asli diterbitkan tahun 2007)

Hadi. (2005). Pendidikan Matematika Realistic dan Implementasinya. Banjarmasin: Tulip

Handhika, J., Kurniadi, E., & Muda, I. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Bermuatan Konflik Kognitif untuk Mengurangi Dugaan Miskonsepsi pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 4 (2), 8-13.

Ismaimuza, D. (2010). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Sikap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika 4(1),1-9.

Masrurotullalily, Hobri, dan Suharto (2013). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Keuangan berdasarkan Model Polya Siswa SMK Negeri 6 Jember. Prosiding: Kadikna

Muijs, D., & Reynolds, D. (2005). Effective teaching evidence and practice. (2nd ed.). London: SAGE Publication

OECD. (2004). OECD Principles of Corporate Governance. France: OECD Publications Service.

Soedjadi. (2000). Kiat pendidikan matematika di Indonesia. Jakarta: Raja Grasindo Persada.

Tayeb, F.A., Muslimin, & Mansyur, J. (2015). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Strategi Konflik Kognitif terhadap Perubahan Konsep tentang Gerak pada Siswa Kelas X MAN Model Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 3 (1), 38-45.

Yunus, M. (2008). Perbandingan Strategi Konflik Kognitif dengan Strategi Konvensional terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Makassar. Jurnal Chemical, 9 (2), 30-36.
Diterbitkan
2018-08-06
Bagian
Research
Abstrak viewed = 394 times
PDF downloaded = 466 times