Analisis pemecahan masalah siswa SMA dalam menyelesaikan masalah Jumping Task pada materi barisan dan deret aritmetika

Analysis of high school students’ problem solving in solving jumping task problems on arithmetic sequences and series

  • Hobri Hobri Universitas Jember
  • Ni Kadek Widyasari Universitas Jember
  • Randi Pratama Murtikusuma Universitas Jember
Keywords: jumping task, pemecahan masalah dengan tahapan Polya, barisan dan deret aritmetika

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemecahan masalah pada siswa SMA dalam menyelesaikan masalah jumping task pada materi barisan dan deret aritmetika. Pemecahan masalah jumping task merupakan gambaran deskripsi tentang bagaimana upaya siswa dalam menyelesaikan masalah jumping task dengan menggunakan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian sebanyak enam siswa dari kelas XI MIPA 5 SMAN 1 Jember. Instrumen yang digunakan adalah tes pemecahan masalah jumping task dan pedoman wawancara. Proses analisis jawaban siswa dalam memecahkan masalah jumping task pada materi barisan dan deret aritmetika berdasarkan tahapan Polya meliputi memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Berdasarkan hasil analisis pemecahan masalah siswa yang dilakukan menggunakan masalah jumping task terlihat bahwa secara umum pada tahap memahami masalah seluruh subjek mampu memahami masalah dengan baik, pada tahap membuat rencana subjek merencanakan cara penyelesaian sudah benar walaupun terdapat beberapa langkah yang tidak ditulis namun langsung muncul dalam pelaksanaan rencana, pada tahap melaksanakan rencana subjek melaksanakan rencana dengan tepat dan berurutan sesuai dengan rencana yang telah dibuat, dan pada tahap memeriksa kembali cara subjek dalam memeriksa kembali jawaban adalah menggunakan data yang telah diperoleh pada tahap melaksanakan rencana kemudian menyamakan dengan data yang diketahui.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Argarini, D. F. (2018). Analisis Pemecahan Masalah Berbasis Polya pada Materi Perkalian Vektor Ditinjau dari Gaya Belajar. Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 91–99.

Askar, Rizal, M., dan Hamid, A. (2016). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Kelas VII pada Materi Bangun Datar Ditinjau dari Tingkat Efikasi Diri. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 4(2), 314–326.

Fahrudin, D., Mardiyana, dan Pramudya, I. (2019). The Analysis of Mathematic Problem Solving Ability by Polya Steps on Material Trigonometric Reviewed From Self-Regulated Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1254(1), 1–6.

Hobri. (2020). Lesson Study for Learning Community: Penerapan dan Riset dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Hobri, dkk. (2020). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills on Social Arithmetics with Jumping Task. Journal of Physics: Conference Series, 1465, 1-7.

Hobri, dkk. (2020). The Effect of Jumping Task Based on Creative Problem Solving on Students’ Problem Solving Ability. International Journal of Instruction, 13(1), 387–406.

Manah, N. K., Isnarto, dan Wijayanti, K. (2017). Analysis of Mathematical Problem Solving Ability Based on Student Learning Stages Polya on Selective Problem Solving Model. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 19–26.

Muniroh, A., Usodo, B., dan Subanti, S. (2017). Algebraic Form Problem Solving Based on Student Abstraction Ability. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 1-7.

Murtikusuma, R. P. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Model Problem-Based Learning untuk SMK Perkebunan Bertemakan Kopi dan Kakao. Pancaran Pendidikan, 5(4), 51–60.

Nasrul, A. R., Hobri, dan Oktavianingtyas, E. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah di Jember dalam Menyelesaikan Soal Peluang pada Pembelajaran Berbasis Lesson Study Learning Community Berdasarkan Kecerdasan Emosional. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 1–12.

Nofrion, N. (2014). Class Reform: As A Step Enhancing The Quality of Learning. Prosiding FIS Ex. LPTK Se-Indonesia. 23-25 Oktober 2014. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. 49–62.

Nofrion, N. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode “Jumping Task” pada Pembelajaran Geografi. Jurnal Geografi, 9(1), 11–20.

OECD. (2013). PISA 2018 Results Combined Executive Summaries. Diakses tanggal 23 April 2020 dari https://www.oecd.org/pisa/Combined_Executive_Summaries_PISA_2018.pdf.

Paradesa, R. (2018). Pre-Service Mathematics Teachers’ Ability in Solving Well-Structured Problem. Journal of Physics: Conference Series, 948(1), 1-6.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014. Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. 2 Juli 2014. Jakarta.

Polya, G. (1973). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. Princeton: Princeton University Press.

Pratama, A. R., Saputro, D. R. S., dan Riyadi, R. (2018). Problem solving of student with visual impairment related to mathematical literacy problem. Journal of Physics: Conference Series, 1008(1), 1-10.

Rahayu, D. P., Supriyono, dan Waluyo, S. B. (2017). Analysis of Mathematical Problem Solving Ability for Tenth Grader of SMK Boarding School in Terms of Learning Styles. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 10–18.

Razak, F., Sutrisno, A. B., dan Kamaruddin, R. (2018). Deskripsi Pemecahan Masalah Matematika berdasarkan Langkah Polya ditinjau dari Kepribadian Siswa Tipe Melankolis. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 4(2), 86–93.

Runtukahu, J. T., dan Kandou, S. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Saiful, Susanto, dan Hobri. (2019). The Students’ Metacognition Analysis Through Jumping Task Based on Lesson Study for Learning Community. Journal of Physics: Conference Series, 1265(1).

Saskiyah, S. A., dan Putri, R. I. I. (2019). Jumping Task Using The Context of Kain Jumputan on The Fractional Operation. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1).

Simpol, N. S. H., dkk. (2018). Implementing Thinking Aloud Pair and Pólya Problem Solving Strategies in Fractions. Journal of Physics: Conference Series, 943(1), 1-10.

Sukayasa. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Fase-Fase Polya untuk Meningkatkan Kompetensi Penalaran Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika. Aksioma, 1(48), 45–54.

Sulistiawati, I., Arsyad, N., dan Minggi, I. (2014). Deskripsi Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Pokok Bahasan Barisan dan Deret Ditinjau dari Kemampan Awal. Diakses tanggal 12 Mei 2020 dari http://eprints.unm.ac.id/11725/1/ARTIKEL.pdf.

Yuwono, T., Supanggih, M., dan Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137–144.

Published
2020-05-15
How to Cite
Hobri, H., Widyasari, N. K., & Murtikusuma, R. P. (2020). Analisis pemecahan masalah siswa SMA dalam menyelesaikan masalah Jumping Task pada materi barisan dan deret aritmetika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 124-141. https://doi.org/10.33654/math.v6i2.952
Section
Research
Abstract viewed = 447 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 584 times