Membentuk karakter peserta didik melalui model pembelajaran search, solve, create, and share
Abstract
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan sains dan teknologi, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manusia. Oleh karena itu, pembelajaran matematika harus dirancang dengan baik sedemikian sehingga dapat digunakan sebagai wahana dalam meningkatkan kemampuan akademis dan membentuk karakter positif peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengakomodasi ranah tersebut, yaitu model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS).
Downloads
References
Ary Ginanjar Agustian, 2007. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spritual. Jakarta:Arga.
Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006. Panduan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: BNSP.
Chin, Christine, 1997. Promoting higher cognitive learning in science through a problem solving approach. REACT, 1997(1),7-11: National Institue of Education (Singapore)
Gunawan. H, 2014. Pendidikan Karakter (konsep dan implementasi). Bandung: Alfabeta Bandung.
Irwan, 2011. Pengaruh Pendekatan Problem Posing Model Search, Solve, Create And Share (SSCS) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan. vol.12.
No.1, April 2011.
Kemendiknas, 2010. Kerangka Acuan Pendidikan Karakter. Direktorat Ketenagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Kementerian Pendidikan Nasional. Jakarta.
Kemendiknas, 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional. Jakarta.
Koesoema. A.D, 2007. Pendidikan Karakter (Strategi mendidik anak di zaman global). Jakarta:Grasindo
Mahmudi. A, 2011. Mengembangkan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar
Nasional Penelitian dan Pendidikan dan Penerapan MIPA. Fakultas MIPA. UNY.
Mariani, 2011. Pendidikan Karakter Di Indonesia Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Tarbiyah vol.1. No.2, Juli-Desember 2011. ISSN.2088-6691.
Musfiroh. T, 2008. Tinjauan berbagai aspek character building: Pengembangan karakter anak melalui pendidikan
karakter. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogyakarta.
Parwati. N.N, 2011. Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Berorientasi Pengembangan Pendidikan Karakter “Kajian Teoritis Dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal Undiksha. vol.11. No.1, Tahun 2011.
Pizzini, Edward L.,Abel, Sandra K, dan Shepardson, Daniel P, 1988. Rethingking Thingking in The Science Clasroom. The Science Teacher, Desember.
Rahmi, 2011. Metode Pemecahan Masalah Model SSCS (Search, Solve, Create And Share) Dalam Pembelajaran
Matematika. Percikan. Vol. 120 Edisi Januari 2011. ISSN 0854-8986
Ramson, 2010. Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa SMP Pada Topik Cahaya. Tesis. Bandung:FMIPA UPI.
Salimin, Saridi, 2011. Membentuk Karakter yang Cerdas. Tulungagung: Cahaya Abadi.
Sumarmo. U, 2011. Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Volume 1, ISBN 978-60219541-0-2. STKIP Siliwangi Bandung.
Wynne, E.A, 1991. Character and academics in the elementary school. In. J.S. Benigna (ed). Moral character, and
civic education in the elementary school. Newyork: Teacher College Press.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)