Student’s critical thinking ability in completing metacognition problems of mathematical education students in Balikpapan University
Analisis kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal metakognisi mahasiswa pendidikan matematika Universitas Balikpapan
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam menyelesaikan soal metakognisi Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Balikpapan. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika yang diberikan soal metakognisi materi Trigonometri. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi yaitu dokumentasi berupa hasil jawaban mahasiswa, observasi terhadap lembar jawaban mahasiswa dan wawancara. Dari 8 soal yang diujicobakan diperoleh 6 soal yang layak digunakan (soal nomor 1, 2, 4, 5, 6, dan 7) dengan r11 = 0,82 ( butir soal dikatakan baik). Kemudian 6 soal tersebut diberikan kepada mahasiswa Pendidikan Matematika berjumlah 25 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada soal nomor 1 sebanyak 19,53 % mahasiswa mampu mengerjakan ini nilai dari 108. Untuk soal nomor 2 sebanyak 19,17 % dari nilai 106. Sedangkan soal nomor 4 sebanyak 19,26% dari nilai 106. Sebanyak 18,26% mahasiswa untuk soal nomor 5 dengan nilai 112. Pada soal nomor 6 sebanyak 13,92% mahasiswa dengan nilai 98. Untuk soal nomor 7 diperoleh 9,76% mahasiswa dari nilai 71.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Al-Kindi, N. S., & Al-Mekhlafi, A. M. (2017). The Practice and Challenges of Implementing Critical Thingking Skills in Omani Post-basic EFL Classrooms. English Language Teaching, 10(12), 116–133. https://doi.org/10.5539/elt.v10n12p116
Alfiyah, N., & Siswono, T. Y. E. (2014). Identifikasi Kesulitan Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Mathedunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 1313–138. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/8713/8764
Fasha, A., Johar, R., & Ikhsan, M. (2018). Peningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metakognitif. Jurnal Didaktik Matematika, 5(2), 53–64. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jdm.v5i2.11995
Fitria, C., Sujadi, I., & Subanti, S. (2016). Analisis Kesulitan Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Guardian, Artisan, Rational dan Idealist Kelas X SMKN I Jombang. Jurnal Elektronic Pembelajaran Matematika, 4(9), 824–835. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/9701
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Moghadam, A. Z., & Fard, M. M. M. M. K. (2011). Surveying the Effect of Metacognitive Education on the on the Mathematics Achievement of 1st Grade High Junior School Female Students in Educational District 5, Tehran City, 2009-10 Educational Year. In Procedia - Social and Behavioral Sciences (pp. 1531–1540). Elsevier Ltd. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.394
Purnaningsih, N. E., & Siswono, T. Y. E. (2014). Profil Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Berdasarkan Tipe Kepribadian Koleris dan Phlegmatis. Mathedunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3), 152–159. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/12840/11827
Safrida, L. N., Ambarwati, R., Adawiyah, R., & Albirri, E. R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 10–16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v6i1.5095
Schoenfeld, A. H. (2016). Learning to Think Mathematically: Problem Solving, Metacognition, and Sense Making in Mathematics (Reprint). Journal of Education, 196(2), 1–38. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/002205741619600202
Suandito, B., Darmawijoyo, & Purwoko. (2009). Pengembangan Soal Matematika Non Rutin di SMA Xaverius 4 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.22342/jpm.3.2.325.
Susilo, G. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Sekolah Menengah Atas Kota Balikpapan Dalam Memecahkan Masalah Yang Berkaitan Dengan Persamaan Kuadrat Dan Fungsi Kuadrat Tahun Ajaran 2014/2015. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.19
Waskitoningtyas, R. S. (2015). Pembelajaran Matematika Dengan Kemampuan Metakognitif Berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Balikpapan. Math Didactic Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 211–219. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/math.v1i3.21
Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24–32. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852
Waskitoningtyas, R. S. (2018). Mathematical Learning with Metacognitive Ability Based on Problems in Solving the Source of Mathematical Stories in SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Variabel, 1(1), 1–9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26737/var.v1i1.511