Analisis kemampuan matematis dalam menyelesaikan soal PISA pada konten kuantitas
Analysis of mathematical ability to solve PISA questions on quantity content
Abstract
Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui kemampuan matematis dalam menyelesaikan soal PISA pada konten kuantitas pada siswa kelas X SMAN 2 Takalar yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dirancang untuk mengetahui kemampuan matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA pada konten kuantitas. Data yang diolah adalah data kemampuan matematis siswa yaitu kemampuan penalaran matematis, kemampuan representasi matematis, dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes, dan wawancara. Soal yang digunakan dalam tes mengukur kemampuan matematis adalah soal-soal yang diadaptasi dari PISA yang berjumlah 3 soal. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa subjek dengan kemampuan tinggi memiliki ketiga kemampuan matematis, yaitu kemampuan penalaran matematis, kemampuan representasi matematis, dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Subjek dengan kemampuan sedang hanya memenuhi dua kemampuan matematis, yaitu kemampuan penalaran matematis, dan kemampuan representasi matematis, sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematis belum terpenuhi karena Subjek dengan kemampuan sedang mampu mengidentifikasi masalah tetapi kurang mampu merencanakan atau menyelesaikan masalah dan pemeriksaan. Subjek dengan kemampuan rendah hanya memenuhi satu kemampuan matematis yaitu kemampuan penalaran matematis.
Downloads
References
Abidin, Y. (2017). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. In Pembelajaran Literasi.
Fatqurhohman. (2016). Representasi Matematis Dalam Membangun Pemahaman. Jurnal Math Educator Nusantara, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Firdaus, A. M., Juniati, D., & Pradnyo, P. (2019). The characteristics of junior high school students in pattern generalization. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042080
Firdaus, A. M., Juniati, D., & Wijayanti, P. (2019). Generalization Pattern’s Strategy of Junior High School students based on Gender. Journal of Physics: Conference Series, 1417(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1417/1/012045
Hidayat, N. Y., Wardono, & Rusilowati, A. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Metakognisi Siswa dalam Pembelajaran Synectic Berbantuan Schoology. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 911–916. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29304
IKRAM, M., -, P., PARTA, I. N., & SUSANTO, H. (2020). Exploring the Potential Role of Reversible Reasoning: Cognitive Research on Inverse Function Problems in Mathematics. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(5), 435–450. https://doi.org/10.17478/jegys.665836
Johar, R. (2012). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, 1(1), 30.
Ma’rup, M., & Firdaus, A. M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(1), 79. https://doi.org/10.25273/jems.v8i1.6049
Miles, H., & Huberman, A. M. S. (2014). Qualitative data analysis: A Methods Sourcebook.
Murtafiah, W., Sa’dijah, C., Chandra, T. D., & Susiswo, S. (2019). Decision making of the winner of the national student creativity program in designing ICT-based learning media. TEM Journal, 8(3), 1039–1045. https://doi.org/10.18421/TEM83-49
Pathuddin, Ketut Budayasa, I., & Lukito, A. (2019). Metacognitive activity of male students: Difference field independent-dependent cognitive style. Journal of Physics: Conference Series, 1218(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1218/1/012025
Rahmawati, E., Annajmi., & Hardianto. (2015). Analisis Kemampuan Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe Pisa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1, 1–5.
Sabirin, M. (2014). Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika IAIN Antasari, 1(2), 33–44.
Saputri, J. R., & Mampouw, H. L. (2018). Kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal materi pecahan oleh siswa SMP ditinjau dari tahapan Polya. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 146–154. https://doi.org/10.33654/math.v4i2.104
Syafri, F. S. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dan Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal Edumath, 3(1), 49–55.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)