Matematika hijau sebagai salah satu upaya pendidikan karakter berwawasan lingkungan
Abstract
Kerusakan lingkungan akhir-akhir ini semakin terasa dampaknya bagi masyarakat. Keterlibatan semua pihak diperlukan untuk mengendalikan dan memperbaikinya, termasuk keterlibatan pelaku pendidikan. Pembelajaran matematika di sekolah dituntut berpartisipasi dan berkontribusi dalam pembentukan nilai-nilai positif dalam diri siswa. Nilai-nilai positif yang dimaksud adalah nilai peduli terhadap upaya perlindungan dan pelestarian lingkungan hidup. Artikel ini menguraikan terlebih dahulu tujuan dan fungsi pembelajaran matematika di sekolah, kemudian dikaitkan dengan perannya dalam pembentukan karakter berwawasan lingkungan. Pendidikan lingkungan hidup yang diintegrasikan dalam pembelajaran matematika ini disebut sebagai pembelajaran matematika hijau. Peran guru sangat penting sebagai subjek atau pelaku pendidikan di sekolah. Peran guru tersebut adalah dalam hal mengembangkan konsep dan contoh permasalahan dalam pembelajaran matematika yang dikaitkan dengan isu lingkungan. Tujuannya adalah selain siswa menguasi matematika juga tertanamnya nilai-nilai pelestarian lingkungan hidup dalam diri siswa sehingga akan membawa manfaat bagi kesejahteraan umat manusia.
Downloads
References
Hobri. (2009). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jember : Center for Society Studies
Hudojo, Herman. (2001). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Universitas
Negeri Malang.
Rijal Wahid Muharram, Muhammad. (2012). Quantum Mathematic, Memahami Nilai-Nilai Matematika untuk Membangun Karakter Bangsa. Universitas Pendidikan Indonesia. Prosiding. http://eprints.uny.ac.id/8515/1/P%20%2063.pdf/2013/05/10.
Streefland, L. 1991. Realistic Mathematics Education In Primary School. Utreecht: Center for Science and Mathematics Education, Netherlands.
TIM MKPBM. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Universitas Pendidikan Indonesia.
Walle, Van De. (2008). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Pengembangan Pengajaran. Erlangga.
Yohanes, Rudi Santoso. (2011). Kontribusi Pendidikan Matematika dalam Pembentukan Karakter Siswa. Prosiding Seminar Nasional dan Pendidikan Matematika. Universitas negeri Yogyakarta.
Yusuf, M. (2000). Pendidikan Kependudukan & Etika Lingkungan. Yogyakarta: Lembaga Studi dan Inovasi Pendidikan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)