Development of student activities sheet based on apos theory to understand the concept of Riemann sum
Pengembangan lembar aktivitas mahasiswa berdasarkan teori APOS untuk memahami konsep jumlah Riemann
Abstrak
Metode penelitian yang digunakan adalah design research tipe development study. Penelitian ini mengembangkan bahan ajar berupa lembar aktivitas mahasiswa pokok bahasan jumlah Riemann berdasarkan teori APOS yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial dalam pembelajaran matematika. Penelitian memanfaatkan software Microsoft Excel. Pengembangan bahan ajar melalui tahapan yaitu preliminary study dan formative study. Tahap preliminary meliputi persiapan dan desain, sedangkan tahap formative study meliputi Self Evaluation, Expert Reviews, One to One, Small Group dan Field Test. Kevalidan bahan ajar dinyatakan oleh dua orang pakar (expert review), dua teman sejawat dan tiga mahasiswa (one-to-one). Kepraktisan bahan ajar terlihat dari hasil kegiatan small group. Berdasarkan hasil uji lapangan (field test), diperoleh bahwa penggunaan bahan ajar LAM berdasarkan teori APOS yang dikembangkan memiliki efek potensial terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika khususnya konsep jumlah Riemann. Dari hasil uji coba, persentase pemahaman konsep di atas 61,00 %. Ini menggambarkan semua indikator pemahaman konsep matematika mahasiswa dikatakan baik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Anwar, Y. S., & Abdillah, A. (2016). Penerapan Teori APOS (Action, Process, Object, Schema) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Program Linier Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Tahun Akademik 2015/2016. Paedagoria | FKIP UMMat, 14(2), 53–60. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/paedagoria.v7i2.30
Dubinsky, E. (2002). Reflective Abstraction in Advanced Mathematical Thinking. In Advanced Mathematical Thinking (pp. 95–126). https://doi.org/10.1007/0-306-47203-1_7
Dubinsky, E., & Mcdonald, M. A. (2005). APOS: A Constructivist Theory of Learning in Undergraduate Mathematics Education Research. In the Teaching and Learning of Mathematics at University Level (pp. 275–282). Kluwer Academic Publishers. https://doi.org/10.1007/0-306-47231-7_25
Hanifah. (2018). Penerapan Lembar Kerja Berbasis Model Aksi, Proses, Objek dan Skema ( APOS ) Pada Mata kuliah Kalkulus Integral Pokok Bahasan Teknik Integrasi Substitusi yang Merasionalkan. Jurnal Pendidikan Eksakta, 2(4), 180–186.
Hanifah, H., & Abadi, A. P. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Teori Grup. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 235. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.626
Karim, A. (2011). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, khusus (2)(2), 154–163.
Khotimah, H. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berdasarkan Teori APOS (Action, Process, object, Scheme) untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Matematika. Edu-Sains, 4(2), 25–29.
Kusaeri, K. (2017). Terbentuknya Konsepsi Matematika Pada Diri Anak Dari Perspektif Teori Reifikasi Dan APOS. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 101–105. https://doi.org/10.33474/jpm.v1i2.244
Lestari, D. Darmawijoyo & Aisyah, N. (2018). Pengembangan LKS Berbasis Teori APOS Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP dengan Konteks Rumah Adat Musi Banyuasin. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.12259
Maharaj, A. (2013). An APOS analysis of natural science students’ understanding of derivatives. South African Journal of Education, 33(1), 1–19. https://doi.org/10.15700/saje.v33n1a458
Maharaj, A. (2014). An APOS analysis of natural science students’ understanding of integration. REDIMAT - Journal of Research in Mathematics Education, 3(1), 54–73. https://doi.org/10.4471/redimat.2014.40
Marsitin, R. (2017). Modul Pembelajaran Limit dengan Teori APOS untuk Menumbuhkan Kemampuan Advanced Mathematical Thinking. Jurnal EduMath, 4(2), 26–34. http://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/math/article/view/492/353
Mulyono. (2012). Pemahaman Mahasiswa Field Dependent dalam Merekonstruksi Konsep Grafik Fungsi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3, 49–59.
Mulyono, B., & Hapizah, H. (2018). Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 103–122. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no2.2018pp103-122
Mulyono, M. (2011). Teori APOS Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 37–45. https://doi.org/10.20961/jmme.v1i1.9924
Ningsih, Y. L., & Rohana, R. (2018). Pemahaman Mahasiswa Terhadap Persamaan Diferensial Biasa Berdasarkan Teori APOS. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 168–176. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2995
Oktari, T, Hartono, Y & Santoso, B. (2017). Pengembangan LKS Berbasis APOS Berbantuan Microsoft Excel Pada Pokok Bahasan Program Linier Di SMK. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(2), 229–248.
Sholihah, U., & Mubarok, D. A. (2016). Analisis Pemahaman Integral Tak tentu Berdasarkan Teori APOS (Action, Process, Object, Schema) Pada Mahasiswa Tadris Matematika (TMT). Cendekia, 14(1), 123–136.
van den Akker, J. (1999). Principles and Methods of Development Research. In Design Approaches and Tools in Education and Training (pp. 1–14). Springer, Dordrecht. https://doi.org/10.1007/978-94-011-4255-7_1
Yohanes, R. S. (2010). Teori Vygotsky dan implikasinya terhadap pembelajaran matematika. Jurnal Widya Warta, XXXIV(2), 127–135.
Zulkardi. (2002). Developing a Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. In Thesis. University of Twente, Enschede.