The use of online mathematics game for portfolio assessment of elementary school students
Pemanfaatan game matematika daring untuk penilaian portofolio pada siswa sekolah dasar
Abstrak
Pada penelitian ini dikaji pemanfaatan game matematika daring untuk penilaian portofolio pada siswa sekolah dasar. Pada bagian awal pembahasan akan dipetakan ketersediaan dan model game matematika daring berdasarkan materi matematika sekolah dasar. Selanjutnya akan dikaji tentang bahan untuk evaluasi diri dan umpan balik yang bisa dijadikan dasar untuk penilaian portofolio. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data berupa referensi situs web yang dapat dimanfaatkan untuk penilaian portofolio mata pelajaran matematika siswa sekolah dasar. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa salah satu pemanfaatan situs web untuk penilaian portofolio mata pelajaran matematika siswa sekolah dasar adalah pemanfaatan game matematika daring. Saat ini, salah satu game matematika daring yang memuat evaluasi diri dan umpan balik adalah mathplayground.com. Situs web tersebut memuat tidak kurang dari 133 game matematika daring yang diperuntukkan bagi siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6. Materi game matematika daring yang tersedia pun beragam, mulai dari materi tentang bilangan, bentuk geometri dan pengukuran, serta penyajian data. Pada game matematika daring tersebut juga terdapat bahan untuk evaluasi diri dan umpan balik yang bisa dijadikan dasar oleh guru untuk penilaian portofolio, yaitu tampilan piala dan sertifikat game yang bisa dicetak. Tampilan piala memuat informasi tentang kualitas siswa dalam memainkan game tertentu, sedangkan sertifikat game menjadi bukti bahwa siswa sudah berhasil menyelesaikan game yang terdiri dari beberapa level.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aljojo, N. (2018). The Design and Implementation of a Mathematics Game- Base Learning Application for Primary Students. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 12(3), 142–152. https://doi.org/10.3991/ijim.v12i3.8739
Archer, E. (2017). The Assessment Purpose Triangle: Balancing the Purposes of Educational Assessment. Frontiers in Education, 2(August), 1–7. https://doi.org/10.3389/feduc.2017.00041
Bartz, D. E. (2017). Fundamentals of Formative Assessment for Classroom Teachers. National Forum of Teacher Education Journal, 27(3), 1–10.
Bragg, L. A. (2012). Testing the effectiveness of mathematical games as a pedagogical tool for children’s learning. International Journal of Science and Mathematics Education, 10(6), 1445–1467. https://doi.org/10.1007/s10763-012-9349-9
Brezovszky, B., McMullen, J., Veermans, K., Hannula-Sormunen, M. M., Rodríguez-Aflecht, G., Pongsakdi, N., Laakkonen, E., & Lehtinen, E. (2019). Effects of a mathematics game-based learning environment on primary school students’ adaptive number knowledge. Computers and Education, 128(September 2018), 63–74. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.09.011
Chizary, F., & Farhangi, A. (2017). Efficiency of Educational Games on Mathematics Learning of Students at Second Grade of Primary School. Journal of History Culture and Art Research, 6(1), 232. https://doi.org/10.7596/taksad.v6i1.738
Christianti, M. R. A., Wiarta, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2018). Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis penilaian portofolio terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas IV. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 1(2), 86–93. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16408
Ghaicha, A. (2016). Theoretical Framework for Educational Assessment : A Synoptic Review. Journal of Education and Practice, 7(24), 212–231.
International Association for the Evaluation of Educational Achievement. (2015). International Mathematics Achievement. Timss 2015, 2015.
Isandespha, I. N. (2013). Penggunaan asesmen portofolio dalam pembelajaran matematika sekolah dasar untuk meningkatkan prestasi belajar dan sikap siswa terhadap matematik. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Yang Diselenggarakan Oleh FMIPA UNY, Tanggal 9 November 2013, 39–46.
Istiqomah, H., & Suyadi. (2019). Perkembangan fisik motorik anak usia sekolah dasar dalam proses pembelajaran (studi kasus di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta). Ẽl-Midad :Jurnal PGMI, 11(2), 155–168. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i2.1900
Krisbiantoro, D., & Haryono, D. (2017). Game matematika sebagai upaya peningkatan pemahaman matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Telematika, 10(2), 1–11.
Kuntarto, E., & Gustina, R. (2019). Pelaksanaan Penilaian Portofolio di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2), 190–200. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.8437
Maesaroh, F. (2016). Analisis kompetensi guru dalam merancang teknik penilaian portofolio di sekolah dasar. Didaktika Tauhidi, 3(1), 37–43. https://doi.org/10.30997/dt.v3i1.314
National Council of Teachers of Mathematics. (2015). Why Play Math Games?
Nisrina, Israwat, & Yusuf, N. (2018). Kendala guru dalam melaksanakan penilaian portofolio pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 69 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 3(3), 42–45.
Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan. (2016). Trends in International Mathematics and Science Study, Result From TIMSS 2015.
Rahman, A., Ahmar, A. S., Arifin, A. N. M., Upu, H., Mulbar, U., Alimuddin, Arsyad, N., Ruslan, Rusli, Djadir, Sutamrin, Hamda, Minggi, I., Awi, Zaki, A., Ahmad, A., & Ihsan, H. (2018). The Implementation of APIQ Creative Mathematics Game Method in the Subject Matter of Greatest Common Factor and Least Common Multiple in Elementary School. Journal of Physics: Conf. Series 954 012011. https://doi.org/10.1088/1742-6596/954/1/012011
Sukstrienwong, A. (2018). Animo Math : the Role-Playing Game in Mathematical Learning for Children. TEM Journal, 7(1), 147–154. https://doi.org/10.18421/TEM71-17
Wiliam, D. (2013). Assessment: The Bridge between Teaching and Learning. Voices from the Middle, 21(2), 15–20.
Yusuf Olayinka, S., & Abiodun Faleye, B. (2016). Teaching to the test: an innovative assessment for learning strategy? International Journal of Education and Research, 4(8), 13–22.