Penerapan persamaan linear bentuk dasar pada pembelajaran program linear SMA kelas XI MIPA
Abstrak
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar program linear dengan menerapkan persamaan linear bentuk dasar pada peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Martapura. Lebih jauh ingin mengetahui proses pembelajaran, nilai hasil belajar program linear, dan respon peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Martapura yang berjumlah 37 orang. Semua peserta didik menerima pembelajaran program linear dengan menerapkan persamaan linear bentuk dasar, menjadi objek pengamatan, mengisi angket, mengikuti tes pada akhir siklus I dan II, dan sebagian diwawancarai. Data yang didapat dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) peningkatan hasil belajar sebesar 15% dari rerata 84,63 pada tes siklus I, menjadi 97,33 pada siklus II, dengan demikian penerapan persamaan linear bentuk dasar dapat meningkatkan hasil belajar program linear peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Martapura Tahun Pelajaran 2015/2016, (2) dari proses pembelajaran, menunjukkan psikomotorik atau keterampilan peserta didik sangat baik, dan (3) respon peserta didik terhadap pembelajaran program linear dengan menerapkan persamaan linear bentuk dasar dikategorikan sangat baik. Peserta didik berharap: (1) agar persamaan linear bentuk dasar dikembangkan, dan pada topik/bahasan matematika atau mata pelajaran lainnya juga menerapkan cara-cara yang lebih mudah, (2) meskipun penerapan persamaan linear memberi kemudahan, tetap harus teliti dan mengikuti konsep. (3) guru hendaknya lebih meningkatkan layanan kepada peserta didik dengan mengatur kecepatan pembelajaran, mengelola penggunaan papan tulis atau media tayang, dan memberi contoh serta soal yang lebih banyak serta bervariasi khususnya dalam soal cerita.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aqib Zainal. (2007). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.
Ekawati, Estida & Sumaryanta. (2011). Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika SD atau SMP” Program bermutu P4TK Matematika. Yogyakarta: P4TK Matematika
Marsigit. (2008). Indikator Keberhasilan Siswa Belajar Matematika. Diakses tanggal 2 April 2018 dari http://pbmmatmarsigit.blogspot.co.id/2008/12/indikator-keberhasilan-siswa-belajar.html
Rohani, Ahmad. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.