The concept understanding of students in Mappi concerning fractional operation in the matriculation program 2018/2019
Pemahaman konsep operasi pecahan mahasiswa Mappi tentang operasi pecahan dalam program matrikulasi 2018/2019
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep tentang operasi pecahan mahasiswa Mappi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah 5 mahasiswa dari Kabupaten Mappi Papua dalam program matrikulasi kelas A. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari-Mei 2019. Data diperoleh dari hasil tes tertulis dan diperkuat dengan hasil wawancara. Hasil tes dan wawancara dianalisis secara deskriptif dan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima mahasiswa program matrikulasi kelas A mempunyai kemampuan pemahaman konsep yang berbeda-beda. Subjek 1 dapat memahami konsep penjumlahan dan pengurangan pada operasi bilangan pecahan serta dapat mengubah bentuk pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Subjek 2 dapat memahami konsep penjumlahan pada operasi bilangan pecahan dan dapat mengubah bentuk pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Subjek 3 dapat memahami konsep penjumlahan dan pengurangan pada operasi bilangan pecahan serta dapat merepresentasikan dan dapat mengubah bentuk pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Subjek 4 dapat memahami konsep penjumlahan dan pengurangan pada operasi bilangan pecahan. Subjek 5 mempunyai pemahaman konsep yang rendah dan hanya dapat mengubah bentuk pecahan campuran menjadi pecahan biasa saja. Dengan hasil ini, pemahaman konsep 5 mahasiswa Mappi tentang operasi pecahan perlu ditingkatkan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Bentley, B., & Bossé, M. J. (2018). College Students’ Understanding of Fraction Operations. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3), 233–247. https://doi.org/10.12973/iejme/3881
Braithwaite, D. W., Pyke, A. A., & Siegler, R. S. (2017). Computational Model of Fraction Arithmetic Braithwaite, D. W., Pyke, A. A., & Siegler, R. S. (in press). A computational model of fraction arithmetic. (2016).
Bulgar, S. (2003). Children’s sense-making of division of fractions. Journal of Mathematical Behavior, 22(3), 319–334. https://doi.org/10.1016/S0732-3123(03)00024-5
Dahar, R. W. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantuan Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280
Freiman, V., & Volkov, A. (2004). Fractions and fractions again? A comparative analysis of the presentation of common fractions in the textbooks belonging to different didactical tradition. ICME-10, Discussion Group 14. Copenhagen, Denmark.
Gabriel, F., Coché, F., Szucs, D., Carette, V., Rey, B., & Content, A. (2013). A componential view of children’s difficulties in learning fractions. Frontiers in Psychology, 4(OCT), 1–12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2013.00715
Hallett, D., Nunes, T., & Bryant, P. (2010). Individual Differences in Conceptual and Procedural Knowledge When Learning Fractions. Journal of Educational Psychology, 102(2), 395–406. https://doi.org/10.1037/a0017486
Lortie-Forgues, H., Tian, J., & Siegler, R. S. (2015). Why is learning fraction and decimal arithmetic so difficult? Developmental Review, 38, 201–221. https://doi.org/10.1016/j.dr.2015.07.008
Lunandi, A. G. (1993). Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: Gramedia.
Mahuze, S. (2019). Pendidikan Papua: Gerak Misioner Gereja. Rohani, 15–17.
Malik, H. K. (2008). Teori Belajar Andragogi Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Halim K. Malik Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Inovasi, 5(2), 1–16.
Miles, Matthew B.; Huberman, M. S. J. (2014). Qualitative Data Analysis (3rd ed.). USA: SAGE Publication.
Nguyen, P. L., Duong, H. T., & Phan, T. C. (2017). Identifying the concept fraction of primary school students: The investigation in Vietnam. Educational Research and Reviews, 12(8), 531–539. https://doi.org/10.5897/err2017.3220
Purcell, E. J. (2010). Kalkulus (Edisi 9). Jakarta: Erlangga.
Shanty, N. O., Hartono, Y., Putri, R. I. I., & De Haan, D. (2011). Design research on mathematics education: Investigating the progress of Indonesian fifth grade students’ learning on multiplication of fractions with natural numbers. Journal on Mathematics Education, 2(2), 147–162. https://doi.org/10.22342/jme.2.2.749.147-162
Siegler, R. S., Thompson, C. A., & Schneider, M. (2011). An integrated theory of whole number and fractions development. Cognitive Psychology, 62(4), 273–296. https://doi.org/10.1016/j.cogpsych.2011.03.001
Sowder, J. T., & Wearne, D. (2006). What do we know about eighth-grade student achievement? Mathematics Teaching in the Middle School, 11(6), 285–293.
Stafylidou, S., & Vosniadou, S. (2004). The development of students’ understanding of the numerical value of fractions. Learning and Instruction, 14(5 SPEC.ISS.), 503–518. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2004.06.015
Sunhaji. (2013). Konsep Pendidikan Orang Dewasa. Jurnal Kependidikan, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.11113/jt.v56.60
Tirosh, D. (2000). Enhancing Prospective Teachers’ Knowledge of Children’ s Conceptions : The Case of Division of Fractions Linked references are available on JSTOR for this article : Enhancing Prospective Teachers ’ Knowledge of Children ’ s Conceptions : The Case of Div. Journal for Research in Mathematics Education, 31(1), 5–25. Retrieved from http://www.jstor.org/stable/749817
van Steenbrugge, H., Lesage, E., Valcke, M., & Desoete, A. (2014). Preservice elementary school teachers’ knowledge of fractions: A mirror of students’ knowledge? Journal of Curriculum Studies, 46(1), 138–161. https://doi.org/10.1080/00220272.2013.839003
Wearne, D., & Kouba, V. L. (2000). Rational numbers. In E. A. Silver & P. A. Kenney (Eds.). In Results from the seventh mathematics assessment of the National Assessment of Educational Progress. Reston, VA.