Emotional intelligence and mathematics learning interest in students’ mathematical reasoning ability
Kecerdasan emosional dan minat belajar matematika terhadap kemampuan penalaran matematis siswa
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan penalaran matematis siswa; 2) mengetahui hubungan antara minat belajar matematika dengan kemampuan penalaran matematis; dan 3) mengetahui hubungan yang simultan antara kecerdasan emosional dan minat belajar matematika terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Metode yang digunakan adalah korelasional. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMPN 10 Ruteng, kecamatan Ruteng, kabupaten Mangarai, provinsi NTT yang berjumlah 225 siswa. Dengan Teknik random diperoleh 70 siswa sebagai sampel, selanjutnya dengan menggunakan teknik proporsional random sampling diperoleh sampel dari masing-masing kelas yaitu 10 siswa. Angket dan soal tes uraian merupakan instrumen yang digunakan. Data dianalisis menggunakan korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan penalaran matematis siswa, dengan kontribusi sebesar 23,3%; 2) terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar matematika dengan penalaran matematis siswa, dengan kontribusi sebesar 16%; 3) terdapat hubungan yang simultan antara kecerdasan emosional dan minat belajar matematika terhadap penalaran matematis, dengan kontribusi sebesar 30,2%.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ario, M. (2017). Perbandingan Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Antara Pembelajaran Berbasis Masalah dan Penemuan Terbimbing Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(2), 56–63.
Arthur, Y. D., Oduro, F. T., & Boadi, R. K. (2014). Statistical Analysis of Ghanaian Students Attitude and Interest Towards Learning Mathematics . International Journal of Education and Research, 2(6), 661–670.
Awai, D., & Ogori, E. (2016). Emotional Intelligence and Self Concept as Predictors of Students ’ Academic Achievement in Mathematics. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 29(3), 223–231.
Awaliyah, W., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Smp Pada Materi Lingkaran. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2), 93–98.
Eva, L. M., & Kusrini, M. (2016). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Berpikir Kreatif terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 245–256. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.650
Gunur, B., Parinters Makur, A., & Hendrice Ramda, A. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Numerik Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Pedesaan. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 148–160. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a2
Gusniwati, M. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 26–41. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.165
Maharani, A. (2014). Mengenal Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Matematika. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 63–70. Retrieved from http://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/article/view/474
Marhaeni, N. (2016). Hubungan Kecerdasan Emosi Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Segugus I Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo TAHUN AJARAN 2015/2016. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4, 334–343. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Mukhlis, R. 2017. Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Group Investigation (Gi) dengan Bantuan Media Wingeom Dikelas VII SMP Negeri 38 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 (doctoral dissertation, UNIMED).
NCTM. (2000). National Council of Teachers of Mathematics (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: Author.
Nisrina, A. N., Rini, C. P., & Latifah, N. (2018). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD NEGERI Kuta Bumi IV Kabupaten Tanggerang. Jurnal Taman Cendikia, 02(02), 198–205.
Pangestu, A. D., Samparadja, H., & Tiya, K. (2015). Pengaruh minat terhadap hasil belajar matematika siswa sma negeri 1 uluiwoi kabupaten kolaka timur. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2).
Pratiwi, N. K. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang Noor. Jurnal Pujangga, Vol. 1(No 2), 75-105.
Purnama, I. M. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMAN Jakarta Selatan. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), 233–245. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.995
Shadiq, F. (2004). Pemecahan masalah, penalaran dan komunikasi. Widyaiswara PPPG Matematika Yogyakarta.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 35–43.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sumarsih, S., Budiyono, B., & Indriati, D. (2018). Profile of mathematical reasoning ability of 8th grade students seen from communicational ability, basic skills, connection, and logical thinking. Journal of Physics: Conference Series, 1008(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1008/1/012078
Ventini, M., Hartati, & Sukardjo, M. (2018). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Sikap Terhadap Pelajaran Matematika Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Jakarta Timur. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 166–180. https://doi.org/10.21009/JTP2002.6
Widyastuti, E., & Widodo, S. A. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Matematika Keaktifan Siswa Dan Fasilitas Belajar Di Sekolah Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Se-Kecamatan Umbulharjo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 873–881. Retrieved from http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2431