Pengembangan media pembelajaran dart board math bagi siswa kelas VII SMP
Abstrak
Rendahnya kemampuan siswa SMP terhadap materi aljabar, menjadi suatu tantangan untuk menciptakan inovasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menciptakan media pembelajaran untuk membantu siswa dalam berlatih soal Aljabar. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari tahap Analyze, Design, Development, Implementation dan Evalutaion. Penelitian ini menghasilkan suatu produk media pembelajaran interaktif berupa Dart Board Math. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar validasi media, lembar kepraktisan, pretest, posttest, dan lembar pendapat siswa. Media ini telah diujicobakan terhadap 26 siswa kelas VII SMP N 2 Salatiga. Media Dart Board Math telah dinyatakan valid dari aspek materi dan aspek media pembelajaran dengan persentase berturut-turut 88,1% dan 89,1% keduanya termasuk kategori sangat baik. Hasil dari uji aspek kepraktisan mendapatkan persentase sebesar 84,1% yang masuk dalam kategori sangat baik. Uji pair t-test dengan taraf signifikan 5% menghasilkan signifikan mendekati nol dengan rata rata posttest lebih tinggi daripada pre test. Berdasarkan ketiga uji tersebut, maka dapat disimpulkan media ini valid, praktis dan efektif.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Annisa, Nurul Zahrah (2010) Penggunaan Teknik Permainan Darts Dengan Media Dart Board Dalam Pembelajaran Berbicara Bahasa Perancis. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
Arsyad, Azhar, (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Bell, F.H.. (1978). Teching Learning Mathematics: In Secondary Shooles. Iowa: Wn. C. Brown Company Publishers.
Djamarah, S.B., & Zain, A. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Husni, A., Hakim, L., Gayo, M. AR. (1990). Buku Pintar Olahraga . Jakarta : C.V. Mawar Gempita
Miller, C. S. (2008). Meaningful work over the life course. (Dissertation, The faculty of fielding graduate university
Mukhtaromah, Annisa Romadhani Luthfie (2015) “Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Papan Dart Materi Kalor dan Perpindahannya Terhadap Hasil Belajar Siswa” (Skripsi). Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Mulyatiningsih, Endang. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta
Ibrahim, Reyzal. (2011). Model Pengembangan ADDIE. Diakses tanggal 2 Maret 2017 WIB dari http://jurnalpdf.info/pdf/model-pengembangan-addie.html
Rosnawati. (2013). Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP Indonesia Pada TIMSS 2011. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, yang diselenggarakan oleh Fakultas MIPA, UNY, tanggal 18 Mei 2013. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Rusuli, Izzatur (2014). Refleksi Teori Belajar Behavioristik Dalam Prespektif Islam. Jurnal Pencerahan Volume 8 Nomor 1, Juli-Desember 2014
Setyorini, Indah (2010). Penggunaan Media Permainan Kartu Kuartet Pada Mata Pelajaran IPS untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. JPGSD Volume 01 Nomor 02 Tahun 2013, 0-216
Sujadi, (2002). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka cipta
Susanti, Marfia Pipin. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teames Games Tournament (TGT) Dengan Media Dart Board Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akutansi Siswa Kelas XI Akutansi 4 SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta
Wardhani, Sri. (2004) Permasalahan Kontekstual Mengenalkan Bentuk Aljabar Di SMP. Yogyakarta: Paket Pembinaan Penalaran