Development of learning material based on troubleshooting at aljabar linear lectures
Pengembangan bahan ajar berbasis pemecahan masalah pada mata kuliah aljabar linear
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar melalui analisis Learning Obstacle mahasiswa pendidikan matematika dalam kemampuan pemecahan masalah matematis pada mata kuliah Aljabar Linier yang teruji valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap pelaksanaan yaitu: Define, Design, Develop, Disseminate. Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Mahasiswa (LKM). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika di Universitas Islam Riau semester III tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 40 mahasiswa. Dalam penelitian ini, data yang digunakan adalah data hasil uji coba angket validasi yang dinilai oleh ahli yang disebut validator. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pada LKM-1 rata-rata kevalidan keseluruhan dari validator adalah 70 termasuk kategori valid. Pada LKM-2 rata-rata kevalidan keseluruhan dari validator adalah 70 termasuk kategori valid. Pada LKM-3 rata-rata kevalidan keseluruhan dari validator adalah 100 termasuk kategori sangat valid. Dan untuk keseluruhan dari LKM-1 sampai LKM-3 rata-rata validator diperoleh 80 dengan kategori valid. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan adalah layak untuk digunakan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aydogdu, M. Z., & Kesan, C. (2014). A Research on Geometry Problem Solving Strategies Used By Elementary Mathematics Teacher Candidates. Journal of Educational and Instructional Studies, 4(1), 53–62. Retrieved from www.ijonte.org
B, S. K., Sivapragasam, C., Senthilkumar, R., & Einstein, A. (2016). A study on problem solving ability in mathematics of IX standard students in Dindigul district. International Journal of Applied Research, 2(1), 797–799.
Baraké, F., El-rouadi, N., & Musharrafieh, J. (2015). Problem Solving at the Middle School Level : A Comparison of Different Problem Solving at the Middle School Level : A Comparison of Different Strategies. Journal of Educayion and Learning, 4(3), 61–70. https://doi.org/10.5539/jel.v4n3p62
Callejo, M. L., & Vila, A. (2009). Approach to mathematical problem solving and students belief systems: two case studies. Departamento de Innovacyion y Formacion Didactica, 72, 111–126. https://doi.org/10.1007/s10649-009-9195-z
Hidayanti, D., As’ari, A., & Candra, T. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas IX. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 634–649. https://doi.org/10.17977/jp.v1i4.6209
Hunter, R. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Terapan FKIP-Univ. HKBP Nommensen, 1, 1–14.
Kim, K. S., & Choi, J. H. (2014). The relationship between problem solving ability, professional self concept, and critical thinking disposition of nursing students. International Journal of Bio-Science and Bio-Technology, 6(5), 131–142. https://doi.org/10.14257/ijbsbt.2014.6.5.13
Lein, A. E., Jitendra, A. K., Starosta, K. M., Dupuis, D. N., Hughes-reid, C. L., Star, J. R., … Between, R. (2016). Assessing the Relation Between Seventh-Grade Students ’ Engagement and Mathematical Problem Solving Performance. Preventing School Failure: Alternative Education for Children and Youth, 4387(March 2017). Retrieved from http://www.tandfonline.com/loi/vpsf20
Polya, G. (1985). How to Solve It Mathematical Method a new Aspect of Mathematical Method (Firts). United States of America: Princeton University Press.
Rahmadi, F. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Berorientasi pada Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Developing Problem Based Learning Kits Oriented Toward Reasoning Ability and Math Communication of Students for Sequences and fo. 10(2), 137–145. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras
Suryadi, D. (2016). Didactical Design Research (DDR): Upaya membangun kemandirian Berfikir Melalui Penelitian Pembelajaran. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNSWAGATI.
Susanti, Musdi, E., & Syarifuddin, H. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Statistika Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Statistika. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(2), 305–319.
Thiagarajan., S. et al. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children: A Source Book. Minnesota :University Of Minnesota