Pengaruh pembelajaran kooperatif dengan tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemandirian belajar matematika mahasiswa

  • Astri Wahyuni Universitas Islam Riau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap kemandirian belajar matematika mahasiswa program studi matematika FKIP UIR Tahun Ajaran 2017/2018 pada mata kuliah Aljabar Linear. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa matematika semester 3 (tiga) yang terdiri dari lima kelas, yaitu kelas 3A, 3B, 3C, 3D dan 3E. Sampel yang dipilih kelas 3B dan 3D. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik angket yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi TPS dengan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan konvensional dengan nilai Prestest (Sig 0,072) dan Postest (Sig 0,000 ). Selain itu, nilai kemandirian belajar mahasiswa pun berbeda antara kelompok eksperimen (Min. 85,76 dan SD. 7,47) dengan kelompok kontrol (Min. 83,97 dan SD 6,61). Maka dapat disimpulkan pembelajaran kooperatif dengan metode Think Pair Share (TPS) dapat mempengaruhi kemandirian belajar dan hasil belajar matematika mahasiswa program studi matematika FKIP UIR secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astri dan Endang. 2016: 41. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Kelas Viii SMP Negeri 1 Siak Hulu. Pekanbaru.

Retno Setyo Widati. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe “Think-Pairshare” Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sdn 1 Josari Kec. Jetis Kab. Ponorogo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Aristo, Vol.4, No.2, Hal. 5

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Malang: Kencana.

Slavin, R.E. 2009. Cooperative learning: teori, riset, and praktik (2th ed). Sydney:AllymandBroon.

Soemarmo. 2013. Berpikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Bandung.

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

TIMSS. 2015.Kemampuan Matematika Siswa SMP Indonesia Menurut Benchmark Internasional TIMSS 2011, [online]http://litbang.kemdikbud.go.id.pdf

Zulkarnain, dkk. 2010. Statistika Penelitian. Pekanbaru: Cendikia Insani Pekanbaru.
Published
2019-01-31
How to Cite
Wahyuni, A. (2019). Pengaruh pembelajaran kooperatif dengan tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemandirian belajar matematika mahasiswa. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 277-286. https://doi.org/10.33654/math.v4i0.269
Section
Research
Abstract viewed = 566 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 587 times