Application of student worksheet to see understanding mathematical concepts & communication skills

Penerapan LKM (Lembar Kerja Mahasiswa) untuk melihat pemahaman konsep & kemampuan komunikasi matematis

  • Dita Oktavihari Universitas Muhammadiyah Malang
  • Mohammad Mahfud Effendi Universitas Muhammadiyah Malang
  • Reni Dwi Susanti Universitas Muhammadiyah Malang
Kata Kunci: pemahaman konsep, komunikasi matematis, LKM

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif yang bertujuan untuk melihat pemahaman konsep dan komunikasi matematis mahasiswa dengan adanya penerapan LKM. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa semester II Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penerapan lembar kerja mahasiswa (LKM) dilakukan selama 3 kali pertemuan pada April-Mei 2019. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 63,86. Peneliti membagi menjadi 2 kelompok untuk memudahkan analisis data. Penilaian dilakukan sesuai dengan indikator pemahaman konsep dan komunikasi matematis. Penerapan LKM dapat dilakukan untuk melihat pemahaman konsep pada mahasiswa dengan baik. Hal ini terbukti bahwa sebanyak 62,22% mahasiswa mampu meningkatkan pemahaman konsepnya. Soal yang digunakan dalam LKM adalah soal essai. Soal essai mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa. Terlihat dari hasil pekerjaan mahasiswa sebanyak 62,22% mampu menjawab soal essai tersebut sehingga dapat mengomunikasikan konsep yang telah diajarkan dan menyajikannya dalam bentuk reprsentasi matematis.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ardina, F. R., & Sa’dijah, C. (2016). Analisis Lembar Kerja Siswa dalam Meningkatkan Komunikasi Matematis Tulis Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(2), 171–180.

Azis, R. U. (2006). Anak Sulit Belajar. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Febrinasti, R., & Sari, A. A. P. S. (2018). Pentingnya Literasi Matematika untuk Anak Sekolah Dasar Luar Biasa bagian C ( Tuna Grahita ). 1, 208–215.

Fransisca, L. A. (2014). Penerapan Pembelajaran Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Sederhana Kelas IV SDN Keret Sidoarjo. Universitas Muhammadiyah Malang.

Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 7(1), 9. https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i1.7397

Khadijah, I. N. A., Maya, R., & Setiawan, W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Statistika. JPMI Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1095–1104.

Kurniawati, E., Hartanto, H., & Zamzaili, Z. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction (Arias) Integratif dan Kemampuan Awal dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kepahiang. None, 2(2), 174–187.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis (Third). SAGE Publications.

Muchlis, E. E., & Maizora, S. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Trigonometri Melalui Pendekatan Konstruktivisme dengan Berbantukan Macromedia Flash 8 Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 1(1), 39–44.

Ningsih, Y. L. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori APOS Pada Materi Turunan. Edumatica, 6(April), 1–8. https://doi.org/10.1063/1.4944618

Rahmawati, R. P. D., Usodo, B., & Chrisnawati, H. E. (2017). Analisis kemampuan komunikasi matematis secara tertulis. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika JPMM, 1(3), 61–70.

Riau, U. (2018). Self Confidence Dalam Pembelajaran. 2, 29–30.

Suryana, A. (2015). Analisis Kemampuan Membaca Bukti Matematis Pada Mata Kuliah Statistika Matematika. Infinity Journal, 4(1), 84. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i1.74

Suryandari, K. C., Sajidan, Rahardjo, S. B., & Prasetyo, Z. K. (2017). ANALISIS PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME MELALUI STRATEGI PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW ( PQ4R ) TERHADAP Abstrak Pembelajaran Konsep Dasar IPA menekankan konstruktivisme berkaitan dengan berpikir kreatif dalam pemecahan masalah . Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan, 133–138.

Vitova, J., Kovacsová, A., Linhartová, V., & Balcarová, J. (2015). Mathematical Concepts in Czech Pre-schoolers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 171, 713–716.

Walle, J. A. Van. (2008). Sekolah Dasar Dan Menengah Matematika Pengembangan Pengajaran. Erlangga.

Yulianto, & Sutiarso, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika 2017, 5, 289–295.

Diterbitkan
2019-12-30
Bagian
Research
Abstrak viewed = 345 times
PDF downloaded = 299 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##