The development of edmodo-based learning as a means of online daily examinations at Batu Islam high school

Pengembangan pembelajaran berbasis edmodo sebagai sarana ujian harian online di SMA Islam Batu

  • Tikeu Yuaruan Nesitaf Sari Universitas Muhammadiyah Malang
  • Mohammad Mahfud Effendi Universitas Muhammadiyah Malang
  • Reni Dwi Susanti Universitas Muhammadiyah Malang
Kata Kunci: edmodo, media pembelajaran, ujian harian online

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat keterlaksanaan serta efektivitas edmodo sebagai media ujian harian online bagi siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.. Subjek dari penelitian ini adalah 11 siswa di sekolah SMA Islam Batu. Metode pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes dan angket respon siswa. Berdasarkan penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa pembelajaran berbasis edmodo sebagai sarana ujian online di SMA Islam Batu dapat berjalan dengan baik, hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai siswa adalah 80. Hasil kuesioner penggunaan edmodo sebagai media pembelajaran e-learning dapat terlaksana dengan baik dan efektif untuk dikembangkan, hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata sebesar 75,23% begitu pula dengan hasil respon siswa terhadap penggunaan edmodo dengan nilai rata-rata 80,65%. Edmodo sebagai sarana ujian online dapat mengurangi kecurangan-kecurangan yang biasa dilakukan siswa pada saat melakukan ujian secara tertulis hal ini dikarenakan dalam edmodo terdapat fitur-fitur yang berguna untuk melatih disiplin siswa seperti batasan waktu pengerjaan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ahmad Zanin Nu’man. (2014). Efektifitas Penerapan E-Learning Model Edmodo Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus : Smk Muhammadiyah 1 Sukoharjo). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Anggraini, Selvi dan Ruwanto, B. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Ulangan Harian Online Respon Belajar Peserta Didik Sma Development of Online Daily Test Assessment Instrument for Measure Mastery of Physics Material and Find Out High School. Jurnal Pendidikan Fisika, 6, 155–163.

Arfiyanti, D., Irawan, E. B., & Purwanto. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep Himpunan Melalui Mind Mapping Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan, 2(6), 799–805. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9363

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Lingkar Widyawiswara, 1(Desember), 104–117.

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47

Hikmawan, T., & Sarino, A. (2018). The Impact of Electronic Media Base Edmodo on Student ’ Motivation Learning at Vocational High School. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(2), 78–85. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanpe

Hourdequin, P. (2014). Edmodo: A simple tool for blended learning. The Language Teacher, 38(1), 34–45.

Kartika, H. (2014). Pembelajaran Matematika Berbantuan Software Matlab sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Minat Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Unsika, 2(1), 21–33. https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3637.93-108

Lanusi, D. H. (2018). Penerapan Kelas Digital Edmodo Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 2(1), 1–17.

Lestari, A. (2014). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Soal Cerita tentang Himpunan di Kelas VII MTsN Palu Barat. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 1–10.

Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, J. S. (2014). Qualitative Data Analysis (3rd editio). California: Sage Publications Inc.

Musanna, A. (2017). Indigenerasi Pendidkan : Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2, 117–133. Retrieved from http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/529

Nugrahaeni Puspita Dewi, C., & Raafi’udin, R. (2018). Perancangan Tampilan Aplikasi Ujian Berbasis Komputer Untuk Ujian Harian Sekolah Menengah Atas. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(3), 298. https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i3.375.298-305

Pratomo, A., & Mantala, R. (2016). Pengembangan Aplikasi Ujian Berbasis Komputer beserta Analisis Uji Guna Sistem Perangkat Lunaknya Menggunakan MEtode SUMI ( Software Usability Measurement Inventory ). Jurnal POSITIF, 2(1), 1–11.

Putra, I. G. L. A. K., Tastra, I. D. K., & Suwatra, I. I. W. (2014). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di SDN 1 Selat. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10.

Diterbitkan
2020-04-07
Bagian
Research
Abstrak viewed = 279 times
PDF downloaded = 484 times