Penguasaan mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP Unsam terhadap materi integral
Abstract
penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan sejauh mana penguasaan mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNSAM terhadap materi Integral dengan cara memberikan seperangkat tes yang berisi sejumlah soal tertulis. Kemudian juga untuk menentukan alternatif pembelajaran agar mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika angkatan berikutnya mampu menguasai dan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Penelitian ini berbentuk deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Samudra untuk satu unit kelas Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika semester genap Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 25 orang. Secara umum penguasaan mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNSAM terhadap soal teknik pengintegralan masih rendah. Persentase skor rata-rata terhadap skor maksimal ideal yang dapat dicapai oleh mahasiswa masing dibawah 50%, yaitu 53,12 (53,12 %). persentase mahasiswa didominasi pada klasifikasi kurang menguasai dan tidak menguasai.
Downloads
References
Astuti, E. P. 2010. Identifikasi Kesalahan Menyelesaikan Kalkulus Lanjut Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang. Vol 1. No. 2. Diakses 4 Mei 2016 pukul 10.00 PM. Dari (http://ejournal.umm.ac.id/index.php/penmath/article/view/607)
Begle, E. 1975. Critical Variable in Mathematics Education. Washington DC: NCTM.
Bell, F. H. 1981. Teaching and Learning Mathematics (in secondary scholl). Wim. C. Brown, C. Dubuque, Iouo.
Clement, M. N. 1980. Analyzing Children’s error on Mathematical Taks. Education studies in Mathematics. 11.1-21
Depertemen Matematika. 2012. FMIPA-IPB. Diakses 2 Mei 2016 pukul 10.00 PM. Dari (https://randidea.files.wordpress.com/2014/09/8-teknik-pengintegralan-handout.pdf)
Miles, M. B. dan Huberman A. M. 1992. Analisis Data Kualitatif, Terjemahan Tjejep Rohedi. Jakarta: UI Press.
Moleong, L. J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana, Ibrahim. 2012. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Sinar Baru Algesindo, Bandung.
Novak, J. D. dan Bob, G. 1984. “Twelve-Year Logitudinal Case Studies for Science Concept Learning”. Science Education.
Saputro, B. A. 2012. Bab 1 Pendahuluan. Universitas Pendidikan Indonesia.. Diakses 2 Mei 2016 pukul 08.30 PM. dari(https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjtnrufx4jNAhVIso8KHb9HBVcQFggdMAA&url=http%3A%2F%2Frepository.upi.edu%2F9045%2F2%2Ft_mtk_0908062_chapter1.pdf&usg=AFQjCNGJ829giwHednqRHp0Xg_VOtJH9Hw).
Suharsimi, A. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Soejadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia (Konstantasi keadaan masa kini menuju keadaan masa depan). Jakarta: Depdiknas.
Tanwey Gerson Ratumanan. 2002. Belajar dan Pembelajaran. UNESA University Press, Surabaya.
Widdiharto, R. 2008. Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa SMP dan Alternatif Proses Remidinya. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)