Penguasaan mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP Unsam terhadap materi integral

  • Muhammad Zaki FKIP Universitas Samudra
  • Riska Rahayu FKIP Universitas Samudra
Keywords: Penguasaan Mahasiswa, Integral

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan sejauh mana penguasaan mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNSAM terhadap materi Integral dengan cara memberikan seperangkat tes yang berisi sejumlah soal tertulis. Kemudian juga untuk menentukan alternatif pembelajaran agar mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika angkatan berikutnya mampu menguasai dan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Penelitian ini berbentuk deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian  ini dilakukan  di  Prodi  Pendidikan  Matematika FKIP Universitas Samudra untuk satu unit kelas Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika semester genap Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 25 orang. Secara umum penguasaan mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNSAM terhadap soal teknik pengintegralan masih rendah. Persentase skor rata-rata terhadap skor maksimal ideal yang dapat dicapai oleh mahasiswa masing dibawah 50%, yaitu 53,12 (53,12 %). persentase mahasiswa  didominasi pada klasifikasi kurang menguasai dan tidak menguasai.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhammad Zaki, FKIP Universitas Samudra

Prodi Pendidikan Matematika

Riska Rahayu, FKIP Universitas Samudra

Prodi Pendidikan Matematika

References

Abidin, Z. 2012. Analisis Kesalahan Mahasiswa Pend.Matematika IAIN Ar-Raniry mata kuliah Trigonometri dan Kalkulus 1. Jurnal Ilmiah Didaktika Faakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry Banda Aceh. Vol XII. No.1

Astuti, E. P. 2010. Identifikasi Kesalahan Menyelesaikan Kalkulus Lanjut Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang. Vol 1. No. 2. Diakses 4 Mei 2016 pukul 10.00 PM. Dari (http://ejournal.umm.ac.id/index.php/penmath/article/view/607)

Begle, E. 1975. Critical Variable in Mathematics Education. Washington DC: NCTM.

Bell, F. H. 1981. Teaching and Learning Mathematics (in secondary scholl). Wim. C. Brown, C. Dubuque, Iouo.

Clement, M. N. 1980. Analyzing Children’s error on Mathematical Taks. Education studies in Mathematics. 11.1-21

Depertemen Matematika. 2012. FMIPA-IPB. Diakses 2 Mei 2016 pukul 10.00 PM. Dari (https://randidea.files.wordpress.com/2014/09/8-teknik-pengintegralan-handout.pdf)

Miles, M. B. dan Huberman A. M. 1992. Analisis Data Kualitatif, Terjemahan Tjejep Rohedi. Jakarta: UI Press.

Moleong, L. J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana, Ibrahim. 2012. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Sinar Baru Algesindo, Bandung.

Novak, J. D. dan Bob, G. 1984. “Twelve-Year Logitudinal Case Studies for Science Concept Learning”. Science Education.

Saputro, B. A. 2012. Bab 1 Pendahuluan. Universitas Pendidikan Indonesia.. Diakses 2 Mei 2016 pukul 08.30 PM. dari(https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjtnrufx4jNAhVIso8KHb9HBVcQFggdMAA&url=http%3A%2F%2Frepository.upi.edu%2F9045%2F2%2Ft_mtk_0908062_chapter1.pdf&usg=AFQjCNGJ829giwHednqRHp0Xg_VOtJH9Hw).

Suharsimi, A. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Soejadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia (Konstantasi keadaan masa kini menuju keadaan masa depan). Jakarta: Depdiknas.

Tanwey Gerson Ratumanan. 2002. Belajar dan Pembelajaran. UNESA University Press, Surabaya.

Widdiharto, R. 2008. Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa SMP dan Alternatif Proses Remidinya. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Published
2017-08-30
How to Cite
Zaki, M., & Rahayu, R. (2017). Penguasaan mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP Unsam terhadap materi integral. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 126-131. https://doi.org/10.33654/math.v3i2.64
Section
Research
Abstract viewed = 330 times
PDF downloaded = 411 times