Analysis of students’ higher order thinking skills in solving basic combinatorics problems
Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa dalam pemecahan masalah kombinatorika dasar
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berjenis studi kasus yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa dalam memecahkan masalah kombinatorika dasar. Subjek penelitiannya yaitu tiga mahasiswa program studi pendidikan matematika yang terdiri dari satu mahasiswa berkemampuan tinggi, satu mahasiswa berkemampuan sedang, dan satu mahasiswa berkemampuan rendah yang dipilih secara purposive. Penelitian dilakukan dengan cara menganalisis kemampuan berpikir kritis dan kreatif subjek penelitian dalam memecahkan masalah kaidah penghitungan, permutasi, dan kombinasi. Dari sisi kemampuan berpikir kritis, hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan regulasi diri para mahasiswa masih rendah. Kemampuan berpikir kritis pada umumnya masih terbatas pada kemampuan menginterpretasi dan menganalisis masalah; hanya mahasiswa berkemampuan tinggi yang menunjukkan kemampuan dalam mengevaluasi masalah. Namun, rendahnya kemampuan regulasi diri menyebabkan ketiga mahasiswa tersebut belum mampu menyadari kesalahan pada strategi yang dibuat. Sedangkan, dari sisi kemampuan berpikir kreatif, para mahasiswa, terutama mahasiswa berkemampuan tinggi, mampu menghasilkan ide orisinal dalam memecahkan masalah kombinatorika dasar. Namun, rendahnya kemampuan berpikir fleksibel yang didukung oleh rendahnya kemampuan meregulasi diri menyebabkan ketiga mahasiswa terebut mengalami kesulitan dalam menghasilkan ide-ide yang berbeda.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aisyah, M. N., Sumintono, B., & Ismail, Z. (2014). Pemahaman siswa pada pokok bahasan peluang: Studi kasus di satu sekolah menengah di Johor Bahru, Malaysia. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 19-28.
Ammamiarihta, A., Syahputra, E., & Surya, E. Development of Learning Devices Oriented Problem Based Learning to Increase Student's Combinatorial Thinking in Mathematical Problem Solving Ability. 2nd Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2017), pada Oktober 2017. Atlantis Press.
Brookhart, S. M. (2010). How to assess higher-order thinking skills in your classroom. USA: ASCD.
Effendi, A. Implementation of Creative Problem Solving Model to Improve The High School Student’s Metacognitive. Journal of Physics: Conference Series, 812(1), 012065. IOP Publishing.
Facione, P. A. (2015). Critical thinking: What it is and why it counts. Diakses pada tanggal 20 April 2019 dari: https://www.researchgate.net/profile/Peter_Facione/publication/251303244_Critical_Thinking_What_It_Is_and_Why_It_Counts/links/5849b49608aed5252bcbe531/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts.pdf
Firdaus, F., Kailani, I., Bakar, M. N. B., & Bakry, B. (2015). Developing critical thinking skills of students in mathematics learning. Journal of Education and Learning, 9(3), 226-236.
Gay,R,L., Mills,E,G.,& Airasian,W.P. (2012). Educational Research. Competencies for Analysis and Applications. USA: Pearson Education, Inc
Grégoire, J. (2016). Understanding creativity in mathematics for improving mathematical education. Journal of Cognitive Education and Psychology, 15(1), 24-36.
Hashim, H., Ali, M. N., & Shamsudin, M. A. (2017). Infusing High Order Thinking Skills (HOTs) through Thinking Based Learning (TBL) during ECA to enhance students interest in STEM. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(11), 1191-1199.
Hidayati, Y. M., Sa'dijah, C., & Qohar, S. A. (2019). Combinatorial Thinking to Solve the Problems of Combinatorics in Selection Type. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(2), 65-75.
Jailani, et al. (2017). Desain Pembelajaran Matematika untuk Melatihkan Higher Order Thinking Skills. Yogyakarta: UNY Press.
Nadjafikhah, M., & Yaftian, N. (2013). The frontage of creativity and mathematical Creativity. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 90, 344-350.
Nasution, K, T., Surya, E., & Sinaga, B. (2017). An Analysis of Sudent’s Mathematical Creative Thinking Ability senior high school on Geometry. International Journal of Advance Research And Innovative Ideas In Education, 3(2), 3860-3866.
Purwati, R., Hobri, H., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaran model Creative Problem Solving. KadikmA, 7(1), 84-93.
Riadi, A. (2016). Problem-based learning meningkatkan higher-order thinking skills siswa kelas VIII SMPN 1 Daha Utara dan SMPN 2 Daha Utara. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 154-163.
Seventika, S. Y., Sukestiyarno, Y. L., & Mariani, S. Critical thinking analysis based on Facione (2015)–Angelo (1995) logical mathematics material of vocational high school (VHS). Journal of Physics: Conference Series, 983(1), 012067. IOP Publishing.
Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Posing. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(1), 48-58.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syahputra, E. (2015). Combinatorial Thinking (Analisis Kesulitan Siswa dan Contoh Alternatif Model Matematika). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika HIPPMI, tanggal 21 November 2015. Medan: Universitas Negeri Medan.
Tambunan, H. (2019). The Effectiveness of the Problem Solving Strategy and the Scientific Approach to Students’ Mathematical Capabilities in High Order Thinking Skills. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 293-302.
Wahyudi., Waluya, S. B., & Suyitno, H. (2018). Mathematical Creative Thinking Ability and Scaffolding Process According With Learning Styles For Pre-Service Teachers. Antolian Journal of Education, 3(1), 39-50.
Wicasari, B., & Erna Ningsih, Z. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika yang Berorientasi pada HOTS. Prosiding Seminar Nasional Reforming Pedagogy, tanggal 24 November 2016. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Vale, I., Pimentel, T., Cabrita, I., Barbosa, A., & Fonseca, L. (2012). Pattern problem solving tasks as a mean to foster creativity in mathematics. Proceedings of the 36th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, pada Juli 2012. Department of Mathematics, National Taiwan Normal University.
Yuliati, S. R., & Lestari, I. (2018). Higher-Order Thinking Skills (Hots) Analysis of Students in Solving Hots Question In Higher Education. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(2), 181-188.
Zahriah, Z., Hasan, M., & Jalil, Z. (2016). Penerapan Pemecahan Masalah Model Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Hasil Belajar pada Materi Vektor di SMAN 1 Darul Imarah. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 151-161.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##