Mathematical problem-solving abilities of deaf student in solving non-routine problems
Kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa tunarungu dalam menyelesaikan masalah non rutin
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tunarungu kelas VIII dalam menyelesaikan masalah non rutin yang berkaitan dengan masalah pecahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain case study. Pengambilan subyek dilakukan secara purposive sebanyak 6 orang pada tiga Sekolah Luar Biasa (SLB) B yakni SLB B Karya Murni Ruteng, SMPLB Negeri Semarang dan SLB B Don Bosco Wonosobo.. Data dikumpulkan melalui tes pemecahan masalah dan wawancara. Hasil analisis terhadap data hasil pekerjaan dan data wawancara, diperoleh bahwa kemampuan-kemampuan matematis yang muncul pada subyek dalam menyelesaikan masalah antara lain; (1) ada kecenderungan bahwa dalam membangun pemahaman terhadap masalah, subyek merepresentasikan masalah melalui gambar, dapat mengungkapkan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan, mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui, dan menyatakan kembali masalah dalam bahasa yang lebih sederhana; (2) Subyek dapat melakukan elaborasi yakni mengaitkan informasi dengan pengetahuan yang telah terbentuk; (3) Jika siswa tunarungu dapat menyelesaikan masalah, maka untuk menyelesaikan masalah cenderung menggunakan gambar dan menggunakan cara membilang. Dengan demikian, disimpulkan bahwa siswa tunarungu dapat menyelesaikan soal non-rutin dengan tingkat kesulitan tinggi dengan terlebih dahulu memvisualisasikan masalah dalam bentuk gambar dan menulis kembali dalam bentuk kalimat sederhana.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Carrasumada, P. S. (1995). The Deaf Child and Solving Problem of Arithmetic: The Importance of Comprehensive Reading. American Annals of the Deaf, 287-290
Kelly R.R, L. G. (2003). Deaf College Students' Comprehension of Relational Language in Arithmetic Compare Problem. Deaf Studies and Deaf Education, 120-132
Luckner, J. L. & McNeill, J.H. (1994). Performance of a group of Deaf and hard-of-hearing students and comparison group of hearing students on a series of problems-solving tasks. American Annals of the Deaf, 139, 371-322.
Marlatt, E. (2014). The Importance of Visual Stimulus as a Component of Audition Stimulus in the Aural/Oral (Re) Habitation of Children/Clients with Hearing Loss. American Annals of the Deaf. Vol.159. No.4.317-318
Marschark, M., & Everhart, V. S. (2010). Problem-solving by deaf and hearing students: twenty questions. Deafness & Education International. https://doi.org/10.1179/146431599790561370
NCTM. (2003). Program for Initial Preparation of Mathematics Specialists. Reston, V, A: National Council of Teachers of Mathematics
Nikolaraizi, M., Vekiri, I., & Easterbrooks, S. R. (2013). Investigating Deaf Students’ Use of Visual Multimedia Resources in Reading Comprehension. American Annals of the Deaf, 157(5), 458–473. https://doi.org/10.1353/aad.2013.0007
Nunes, T. (2004). Teaching Mathematics to deaf children. London: Whurr Publishers Ltd.
Nunes. T. & Moreno, C. (1998). Is Hearing Impairment a Cause of Difficulties in Learning Mathematics? In C. Donlan (Ed). The development of mathematical skills (pp.227-254). Hove, Britain: Psychology Press
Nunes T. & Moreno. C. (2002). An Intervention Program for Mathematics. Journal of Deaf Studies and Education, 7, 120-133
Pagliaro, C. M., & Ansell, E. (2012). Deaf and Hard of Hearing Students’ Problem-Solving Strategies with Signed Arithmetic Story Problems. American Annals of the Deaf, 156(5), 438–458. https://doi.org/10.1353/aad.2012.1600
Serrano Pau, C. (1995). The Child and Solving Problems in Arithmetic. The Importance of Comprehensive Reading. American Annals of the Deaf, 287-290.
Smith, J. (1985). Komposisi Tari sebuah petunjuk praktis bagi guru. Terjemahan Ben Suharto. Yogyakarta: Ikalasti
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##