Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS pada mata kuliah struktur aljabar

  • Rahmita Yuliana Gazali STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, TS-TS, Struktur Aljabar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitaif untuk menggambarkan atau menjelaskan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar kerja kelompok melihat pemahaman mahasiswa tentang konsep grup dan sifat-sifatnya, lembar observasi untuk mengetahui capaian keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS), serta lembar observasi aktivitas mahasiswa. Sedangkan teknik analisis data dengan persentase. Hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) pada mata kuliah struktur aljabar di materi grup dan sifat-sifatnya menunjukkan: (1) terlaksananya semua sintaks pada pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS (2) Memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep grup dan sifat-sifatnya dikarenakan karakteristik sistem kandang (stay) dan tandang (stray) yang memungkinkan mahasiswa untuk bertanya dan menjelaskan secara tidak langsung dapat memperdalam pemahaman tentang konsep yang dipelajari; (3) Memperbanyak variasi aktivitas yang dilakukan mahasiswa saat perkuliahan, tidak hanya sekadar mencatat, mendengarkan penjelasan dosen, tetapi sharing bertanya jawab dengan teman maupun anggota kelompok.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rahmita Yuliana Gazali, STKIP PGRI Banjarmasin

Dosen Prodi Pendidikan Matematika

References

Amir, Muhammad Faizal & Machfud Indra Kurniawan. 2016. Penerapan Pengajaran Terbalik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD UMSIDA pada Materi Pertidaksamaan Linier. Jurnal Pedagogia ISSN 2089-3833. Volume 5. No.1 Februari 2016 page 13-25.

Arnawa, I Made. 2009. Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa dalam Memvalidasi Bukti pada Aljabar Abstrak melalui Pembelajaran Berdasarkan Teori APOS. Jurnal Matematika dan Sains 14(2): 62-68.

Darminto, Bambang, P. 2009. Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Aljabar dan Sikap Mahasiswa Calon Guru Matematika terhadap Pembelajaran Berbasis Komputer. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Aljabar, Pengajaran dan Terapannya. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta.

http://teorionline.wordpress.com/

Jafar. 2013. Membangun Pemahaman yang Lengkap (Completely Understanding) dalam Pembelajaran Konsep Grup. KNPM V Himpunan Matematika Indonesia.

Minggi, Ilham. 2010. Proses Intuisi Mahasiswa dalam Memahami Konsep Limit Fungsi Berdasarkan Perbedaan Gender. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Rohana. 2011. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang. Prosiding Seminar Pendidikan. Universitas PGRI Palembang 27 Juni 2011.

Sanjaya, Wina. 2007. Kajian Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Pascasarjana UPI

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Skemp, R. 1976. Relational Understanding Mathematic Teaching. 77, 20-26. Online(http://www.grahamtall.co.uk/skemp/pdfs/instrumental-relational.pdf, diakses 10 April 2017).

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.

Yusritawati. 2009. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray terhadap Kemampuan Representasi Matematika Siswa SMP. (Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UNPAS: tidak diterbitkan) diunduh dari http://furahasekai.wordpress.com/2011/09/07/pembelajarankooperatif- tipe-two-stay-two-stray/ tanggal 10 April 2017
Published
2018-07-26
How to Cite
Gazali, R. Y. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS pada mata kuliah struktur aljabar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 43-54. https://doi.org/10.33654/math.v3i1.54
Section
Penelitian
Abstract viewed = 293 times
PDF downloaded = 238 times