Penguasaan konsep aljabar dan aritmatika untuk menyelesaikan soal-soal fisika dasar
Mastery of aljabar and arithmatic concepts to complete basic physical problems
Abstrak
Matematika dan fisika terjalin dengan sangat erat karena konsep matematika digunakan dalam fisika. Fisika adalah bagian dari ilmu sains yang mempelajari perilaku alam melalui pengamatan secara eksperimental dan pegukuran secara kuantitatif. Fisika menggunakan bahasa matematika untuk memodelkan gejala alam ke dalam persamaan matematis, sehingga di dalam mempelajari fisika, diperlukan kemampuan matematis sebagai kemampuan awal peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan fisika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasi untuk menganalisis konsep-konsep matematika yang diperlukan dalam menyelesaikan soal fisikadasar materi listrik statis pada program studi Tadris Fisika UIN Antasari. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat korelasi yang tinggi antara penguasaan konsep aritmatika dan aljabar dengan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal fisika dasar.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang
Halliday, D., Resnick, R., & Walker, J. (2007). Fundamentals of Physics 8th Ed. Canada: John Wiley & Sons Canada.
Hasbi, Muh. (2012). Pengaruh Kemampuan Trigonometri TerhadapKemampuan Fisika Dikaitkan dengan Gaya Kognitif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tadulako. Skripsi Jurusan PMIPA FKIP Universitas Tadulako
Hinkle DE, Wiersma W, dan Jurs SG. 2003. Applied Statistics for the Behavioural Science. London: Boston
Kasiram, Moh. 2008. Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Malang Pers.
Kereh, C.T. Liliasari, P. C. Tjiang. Sabandar, J. 2014. Korelasi Penguasaan Materi Matematika Dasar dengan Penguasaan Materi Pendahuluan Fisika Inti. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(2): 140 - 149.
Lang, H. (2009). Head First Physics. Sebastopol: O’Reilly Media, Inc.
Mikwa UIN Antasari. 2018. Buku Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Banjarmasin: UIN Antasari
Mundilarto. (2010). Penilaian Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta : P2IS UNY
Nurlailiya, Alfi., Deta, Alan, Utama. (2015). Studi Korelasi Antara Kemampuan Matematika Dengan Hasil Belajar Fisika Di SMA PGRI Sumberrejo Bojonegoro Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal penelitian Fisika dan Aplikasinya 5(2): 64-69.
Rhahim Ervina. (2015). Hubungan Keterampilan Matematika dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika Terhadap Miskonsepsi Siswa Pada Materi Impuls Momentum Di MAN 2 Pontianak. Jurnal Penelitian. FKIP UNTAN
Ruwanto, Bambang. 2009. Gagasan Mengajarkan Fisika Matematik di SMA. Yogyakarta: Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA di FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta
Suherman. E. 2001. Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA
Tzanakis, C. 2002. On The Relation Between Mathematics and Physics in Undergraduate Teaching. 2nd International Conference on the Teaching of Mathematics (at the undergraduate level): 387.
Wiladatika, L., S.S. Sitompul, & D. Mahmuda. 2017. Hubungan Keterampilan Matematika dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Materi Gaya pada Siswa SMP Mujahidin Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1): 1-9.
Zairi, Alfi. Sutrisno, Leo. S, Haratua Tiur Maria. 2017. Hubungan Antara Kemampuan Matematika dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika Pada Materi Gerak Parabola. Jurnal Ilmiah Universitas Tanjungpura.